Cara Merawat Laptop yang Efektif agar Awet

Cara Merawat Laptop yang Efektif agar Awet

Kini, alat elektronik kian makin marak digunakan. Salah satunya adalah laptop. Sebagai pengguna, ada beberapa cara untuk merawat laptop yang seharusnya diterapkan. Hal tersebut bertujuan agar dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada sistem atau bagian luar laptopnya.

Bagaimana Caranya Merawat Laptop dengan Baik dan Benar?

Setiap alat elektronik, bahkan yang canggih dan mahal sekali pun, jika Anda tidak pintar dan rutin dalam merawatnya dengan baik maka sudah pasti alat tersebut akan lebih cepat rusak, seperti halnya laptop yang sensitif terhadap kerusakan. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa cara merawat laptop dengan baik dan benar:

1. Hindari Menggunakan Laptop di Atas Kasur

Salah satu kesalahan dari sebagian besar pengguna adalah menggunakan laptop di atas kasur sambil bersantai. Perlu Anda ketahui bahwa hal tersebut tentu tidak baik bagi alat elektronik seperti laptop ini, terlebih lagi akan cepat panas jika berada di kasur empuk.

Tidak hanya itu saja, penggunaan laptop yang seringkali Anda lakukan di atas kasur justru akan membuat kipasnya menyedot berbagai macam debu yang ada di tempat tidur. Dari situlah akan muncul masalah/kerusakan secara perlahan di bagian internal.

2. Menggunakan Laptop di Permukaan Rata

Langkah selanjutnya, dalam rangka cara merawat laptop dengan baik yaitu menggunakannya di permukaan yang rata. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin modern, kini telah hadir yang namanya cool pad. Jadi, Anda bisa meletakkan laptop di atasnya, bahkan bisa meredam panas.

Perlu Anda ketahui, laptop yang seringkali diletakkan di atas permukaan empuk dan juga tidak rata justru akan membuatnya lebih cepat rusak karena laptop tidak bisa seimbang. Jadi, lebih baik gunakan cool pad saja agar lebih aman dan nyaman dalam menggunakan laptopnya.

3. Menggunakan dan Menyimpan di Tempat Bersirkulasi Baik

Selain itu, ada baiknya juga Anda menyimpan laptopnya tepat di tempat dengan sirkulasi udara yang cukup konstan. Pastikan untuk menghindari area yang tertutup karena akan membuat laptopnya lebih cepat panas. Meskipun nantinya akan mengandalkan cool pad, tapi tetap harus tersimpan di tempat bersuhu normal.

Dengan menyimpan laptop di tempat yang memiliki sirkulasi udara baik, tentu saja akan membuat laptopnya tetap terjaga dan ventilasi di laptop pun juga akan lebih bersih. Dengan begitu, laptop Anda akan dijamin selalu sehat.

4. Menghindari Meletakkan Benda Berat di Atasnya

Menjaga laptop tetap sehat dan tidak mudah rusak, yaitu dengan menghindari untuk meletakkan benda yang berat di atasnya. Benda seperti buku dan benda berat lain, justru akan menjadikan laptopnya semakin cepat rusak. Tidak seharusnya juga benda tersebut ada di atas keyboard laptop.

Apa pun itu, baik di atas laptop atau keyboard-nya, tidak boleh ada benda berat. Hal tersebut akan mempercepat kerusakan pada laptopnya sendiri. Terlebih lagi, benda yang seperti itu juga justru akan menekan CD-ROM laptop yang pada akhirnya akan rusak. Jadi, perlu bagi Anda untuk hati-hati dalam merawatnya.

5. Membersihkan Area di Sekitar Kipas

Bila pada area kipas laptop tersumbat, maka tentu saja aliran udaranya akan berkurang. Dengan begitu, akan menciptakan panas yang berlebih. Jadi, upaya dalam merawat laptop agar tidak cepat rusak adalah dengan selalu membersihkan area di sekitar kipas pada laptopnya.

Ada baiknya Anda melakukan pembersihan laptop sekitar sekali dalam setahun. Hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan debu internal yang dapat mengakibatkan laptopnya panas. Jika sampai laptopnya sendiri panas, maka akan jauh lebih berisiko merusak bagian motherboard-nya.

6. Menjauhkan Makanan dan Minuman

Selanjutnya, cara merawat laptop dengan baik dan benar adalah dengan menjauhkan makanan dan juga minuman dari laptop tersebut. Terkadang, masih ada sebagian besar pengguna yang selalu melakukan hal ini.

Jika sampai makanan atau minuman yang ada di dekat laptop tersebut tersenggol, maka pastinya akan tumpah mengenai laptopnya. Hal tersebut justru akan lebih cepat merusak dan membuat laptop error. Inilah mengapa ada anjuran bahwa tidak boleh makan dan minum jika masih mengoperasikannya.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan terkait cara merawat laptop dengan baik dan benar. Pastikan Anda mematuhi dan mempraktekkan langkah di atas supaya laptop tetap awet dan tahan lama, serta tidak akan rusak walau sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Laptop yang Efektif agar Awet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel