Strategi Keuangan: Tips Keuangan agar Cepat Kaya di Usia Muda

Strategi Keuangan: Tips Keuangan agar Cepat Kaya di Usia Muda

Sukses di usia muda bukanlah sesuatu yang mustahil. Namun, tentu saja syaratnya Anda harus mengetahui dahulu tips keuangan agar cepat kaya. Banyak orang masih beranggapan bahwa kunci kekayaan adalah membangun bisnis-bisnis yang memiliki keuntungan besar semata. Padahal, bukan itu saja. Aspek penting lain adalah financial management.

Rahasia Pengelolaan Keuangan Sukses untuk Anak Muda

Strategi kesuksesan Anda sesungguhnya bisa langsung dimulai sejak hari ini juga. Caranya dengan mengamalkan tips keuangan agar cepat kaya yang sudah menjadi rahasia kekayaan para jutawan dan miliader di Indonesia. Tanpa panjang lebar, langsung saja kita ketahui bagaimana trik dan tips mereka:

1. Mulai Mencari Penghasilan Sendiri

Langkah pertama, jika Anda masih belum memiliki penghasilan sendiri, cobalah mencari pekerjaan. Jika masih menempuh pendidikan di bangku sekolah atau kuliah, opsi pekerjaan part time bisa menjadi rekomendasi. Kuncinya adalah adanya pemasukan, entah berapapun jumlahnya.

Keuntungan menempuh pendidikan sembari bekerja adalah Anda akan dipaksa untuk belajar tentang manajemen waktu dan manajemen energi. Dampak baik lainnya, sejak dini Anda sudah dapat menghargai uang dan usaha untuk mendapatkannya, bukannya malah membuang-buang uang seperti anak-anak lainnya.

2. Hindari Hutang

Jika sering dilakukan, hutang bisa menjadi sebuah kebiasaan. Jika hutang sudah menumpuk maka akan sangat menghambat proses seseorang dalam mensukseskan tips keuangan agar cepat kaya. Oleh karena itu, kami selalu menghimbau siapapun untuk menghindari hutang, kecuali untuk keperluan yang benar-benar mendesak.

3. Membuat Manajemen Keuangan

Tips selanjutnya adalah buat manajemen gaji Anda, umumnya berbentuk presentase untuk membagi gaji-gaji tersebut. Contohnya, 50% untuk kebutuhan hidup, 20% tabungan, 20% hobi atau pengembangan bakat, dan 10% sedekah. Untuk perencanaan yang lebih mendetail atau kompleks, Anda bisa meminta pertimbangan dari seorang financial planner yang profesional.

4. Adakan Dana Darurat

Dana darurat atau cash flow merupakan anggaran yang khusus digunakan untuk keperluan penting yang mendesak, misalkan saja tiba-tiba jatuh sakit, peralatan kerja mengalami kerusakan, atau terjadi musibah yang tidak terprediksi sebelumnya. Oleh sebab itu, dana darurat bersifat wajib dalam tips keuangan agar cepat kaya.

5. Membuat Catatan Pengeluaran

Buat catatan pengeluaran atas apa saja yang Anda konsumsi dalam jangka waktu satu minggu atau satu bulan. Pada akhir bulan, Anda bisa mengecek apa saja konsumsi yang menguras keuangan Anda. Untuk memudahkan kegiatan ini, tak ada salahnya memanfaatkan aplikasi keuangan yang sudah tersedia di Android.

6. Minimalisir Kebutuhan Sekunder dan Tersier

Kebanyakan orang ingin menjadi kaya agar mereka bisa bebas berbelanja apapun yang mereka inginkan. Tentu keinginan tersebut sah-sah saja selama dilaksanakan di waktu yang sudah tepat. Kapan itu? Ketika pemasukan rutin Anda sudah mapan, dana darurat terpenuhi, dan tabungan sudah memadai.

Sayangnya, banyak orang melakukan kesalahan berbelanja terlalu banyak sebelum mereka benar-benar mapan. Bahkan, ketika merintis usaha saja sudah hedon dan gemar berbelanja. Inilah perilaku salah kaprah yang menyebabkan tips keuangan agar cepat kaya tak juga terwujud.

Oleh karena itu, salah satu fungsi membuat catatan pengeluaran bukan hanya untuk mengetahui apa saja anggaran kebutuhan kita dalam jangka waktu tertentu, melainkan untuk mengkategorisasikan selera konsumsi kita. Apakah kita masih gemar membeli barang-barang yang sebenarnya kurang digunakan?

7. Anggarkan Biaya Pengembangan Skill

Sangat penting memastikan bahwa uang yang kita hasilkan dari kerja keras tersebut benar-benar tersalurkan untuk sesuatu yang produktif. Sebuah ungkapan berbunyi “investasi terbaik adalah kepada diri sendiri”. Artinya, mengeluarkan uang untuk mengembangkan kemampuan bukanlah sesuatu yang sia-sia.

8. Investasi

Saat ini, ada banyak sekali sarana investasi yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan uang. Investasi sesungguhnya sangat beragam dan tidak selalu membutuhkan dana besar. Bagi pemula, investasi perlu berada di bawah pengawasan seseorang yang sudah berpengalaman dalam kegiatan tersebut.

Penutup

Demikian 8 tips keuangan agar cepat kaya yang telah terbukti ampuh. Jangan pernah melupakan bersedekah sebagai sarana bersyukur atas setiap nikmat yang Allah berikan. Setiap kenikmatan materi yang kita terima, sesungguhnya terkandung hak orang lain di dalamnya. Semakin banyak kita memberi maka akan semakin banyak kita menerima.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel