Ide Bisnis Kreatif Bikin ‘Cuan’ di Masa Pandemi

Ide Bisnis Kreatif Bikin ‘Cuan’ di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 masih belum tampak mengundurkan diri dari tanah air. Seiring waktu, jumlah kasus terus mengalami peningkatan. Akibatnya, banyak masyarakat yang dirugikan, khususnya dalam hal perekonomian.

Akibat naluri bertahan hidup, banyak dari mereka yang merubah haluan mata pencaharian dan memutuskan berbisnis. Untuk Anda yang tertarik terjun ke dalam dunia bisnis, ada sejumlah ide bisnis kreatif yang bisa dicoba. Penasaran? Berikut kami sajikan rangkumannya.

Awal tahun 2020 lalu, secara resmi pemerintah mengumumkan kasus pertama Covid-19 di Indonesia. Sejak itu, kehidupan masyarakat tidak lagi sama. Hidup berdampingan dengan virus yang tak kasat mata merupakan tantangan dengan tingkat resiko yang sangat tinggi.

Dampak dari virus ini juga tidak main-main. Tak cukup dengan menyerang imun tubuh, dampak daripada Covid-19 bisa dirasakan dalam segala aspek kehidupan, terutama perokonomian. Banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan akibat adanya kebijakan pemerintah yang membatasi interaksi antarmanusia.

Akibatnya, mereka harus berpikir dua kali lebih keras untuk menemukan mata pencaharian baru agar bisa bertahan di masa pandemi. Salah satu alternatif yang mereka tekuni adalah bisnis kreatif berbasis rumahan. Kira-kira, ide bisnis kreatif apa saja yang cocok untuk Anda coba? Mari kita simak daftarnya.

Ingin Coba Bisnis? Daftar Ide Bisnis Kreatif Ini Punya Peluang Menjanjikan

Jangan terlalu pusing dengan pandemi. Sekarang bukan lagi waktunya meratapi keadaan, tetapi berpikir bagaimana caranya agar hidup terus berjalan sekalipun berdampingan dengan pandemi. Jika suka berbisnis, ada sejumlah alternatif bisnis yang tidak membutuhkan modal besar karena basisnya adalah industri rumahan. Mau coba? Ini daftarnya!

1. Bisnis Daur Ulang

Pertama adalah bisnis daur ulang. Ide bisnis kreatif yang ramah lingkungan ini bisa Anda coba karena memiliki pasar yang menjanjikan. Akibat pandemi, pemerintah menerapkan kebijakan pembatasan sosial, dan salah satu dampak positif dari kebijakan ini adalah kondisi udara yang menjadi lebih baik karena minimnya aktivitas manusia sebagai penyumbang polusi.

Sampah plastik merupakan penyumbang kerusakan lingkungan nomor satu. Daripada membiarkan sampah ini menumpuk, mengapa Anda tidak ambil bagian untuk mendaur ulangnya? Sampah plastik bisa Anda ubah menjadi produk dengan nilai jual yang tinggi, lho! Contohnya sebagai aksesoris anting-anting yang melengkapi penampilan kaum wanita pada umumnya.

Asalkan Anda punya tekad dan punya kreativitas, tentu tidak ada yang mustahil. Bukan hanya mendapatkan penghasilan dari produk daur ulang, Anda juga ambil peran dalam menjaga kebersihan lingkungan. 

2. Produk Kesehatan Home Made

Menurut Anda, produk kesehatan apa yang paling identik dengan pandemi? Ada beragam ya, mulai dari masker, hand sanitizer, mask stripe dan banyak lainnya. Semua produk ini sangat dibutuhkan selama pandemi, dan berpotensi menguntungkan apabila Anda jadikan sebagai ide bisnis kreatif. Sebab, selama pandemi berlangsung, kebutuhan akan masker, mask stripe dan hand sanitizer akan selalu ada.

Anda bisa mencoba berjualan masker home made. Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, tidak memerlukan mesin produksi, dan pangsa pasarnya menjanjikan. Cukup taburkan kreativitas Anda di dalamnya, sehingga Anda bisa menghasilkan masker unik dan berciri khas berbeda. Mau coba?

3. Bisnis Nasi Kotak

Rice box atau nasi kotak menjadi bisnis yang cukup populer akhir-akhir ini. Supaya lebih efisien, Anda bisa menyediakan layanan pesan antar agar pangsa pasarnya bisa lebih luas. Anda bisa menyasar kepada mahasiswa, atau pekerja kantoran yang cenderung menyukai sesuatu yang praktis. Daripada kemampuan memasakmu hanya untuk orang-orang di rumah, kenapa tidak mencoba berbisnis dan meraup keuntungan dari ini?

Penutup

Memang benar, adanya pandemi Covid-19 memberikan tantangan dan kerugian bagi masyarakat. Tetapi, bukan berarti hidup terhenti akibat pandemi. Ada banyak alternatif lain yang bisa Anda coba, misalkan saja dengan menekuni bisnis kreatif seperti yang dijabarkan tadi. Pada intinya, apapun ide bisnis kreatif yang Anda coba, semua berpeluang mendatangkan keuntungan asalkan Anda menekuninya dengan sungguh-sungguh.

Sebelum memulai bisnis, pastikan Anda tahu tujuan dari bisnis tersebut. Paham akan tujuan merupakan poin pertama dalam hal ini. Jika tidak memiliki tujuan, bagaimana mungkin kita dapat menyusun strategi bisnis kedepannya. Tujuan akan menjadi tolak ukur dan parameter dalam menyusun strategi bisnis dan evaluasi secara berkala.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel