Ingin Magang? Yuk Cari Tahu Definisi dan Manfaat Magang!

Ingin Magang? Yuk Cari Tahu Definisi dan Manfaat Magang!

Bagi sebagian mahasiswa, istilah magang mungkin terdengar asing, terlebih bagi mahasiswa baru yang masih minim pengalaman. Magang ini sangat penting, ada sejumlah manfaat magang yang akan berguna dalam menghadapi dunia kerja nantinya.

Selain itu, program magang juga dapat menjadi solusi atas permasalahan ketenagakerjaan yang sampai kini tak kunjung selesai. Singkatnya, magang merupakan transisi antara dunia kerja dengan masa pendidikan.

Magang juga bisa didefinsikan sebagai proses atau kesempatan untuk mengimplementasi ilmu dan pengetahuan yang sudah didapat dari bangku kuliah ke dunia kerja secara langsung. Tujuannya agar kita bisa memahami bagaimana kondisi lapangan pekerjaan yang sesungguhnya, dan mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia industri di masa depan.

Bukan hanya mahasiswa, program magang juga biasanya berlaku bagi siswa atau pelajar Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK. Durasi dari program magang ini berbeda-beda, mulai dari 3 bulan, 6 bulan bahkan dalam kurun waktu 1 tahun.

Tujuannya tetap sama, yakni memperkenalkan dunia kerja kepada pelajar agak mereka bisa bersiap dan melatih keterampilan yang sesuai apa yang industri butuhkan. Jadi, program magang ini cukup penting untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia industri. Lebih rinci, kami telah merangkum sejumlah manfaat magang yang wajib Anda ketahui. Berikut penjelasannya.

Mengenal Manfaat Magang bagi Mahasiswa, Pelajar dan Umum

Ada banyak manfaat magang bagi mereka yang menekuninya. Tak hanya memperkenalkan dunia pekerjaan, magang juga bisa menambah relasi yang nantinya bisa mempermudah ketika kita hendak melamar pekerjaan.

Sekalipun punya banyak manfaat, tidak semua orang tertarik dengan magang. Alasannya tidak jauh berbeda, yakni enggan menjadi kacung perusahaan. Terjun ke dunia kerja sebagai pemagang memang harus rela menjadi kacung yang mengerjakan apa saja sesuai dengan perintah.

Tetapi, hal ini tidak selalu membawa dampak buruk dan tidak semua perusahaan memperlakukan pemagang dengan buruk. Jika Anda tertarik untuk terjun ke dunia kerja sebagai pemagang, artikel ini sangat pas untuk Anda. Berikut sejumlah manfaat dari program magang:

1. Membuka Wawasan Tentang Dunia Kerja

Untuk pelajar atau mahasiswa, dunia kerja dan industri adalah sesuatu yang asing dan tidak dapat Anda temukan dalam lingkungan kampus. Seperti definisinya, magang merupakan masa transisi yang menghubungkan dunia kerja dengan masa pendidikan.

Dengan kata lain, magang merupakan gerbang awal untuk Anda memasuki dunia kerja. Antara karyawan dan pemagang tidak ada bedanya dalam pekerjaan, jikalau berbeda hanya pada bobot kerjanya saja.

Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan wawasan baru tentang dunia kerja, seperti pembagian tugas masing-masing divisi, atau skill apa saja yang industri butuhkan. Berbekal informasi tadi, Anda bisa mulai berbenah diri dan melatih skill baru agar benar-benar siap terjun ke dunia kerja sungguhan.

2. Melengkapi CV

Apakah pengalaman magang bisa ditambahkan ke dalam CV? Tentu saja. Dengan mencantumkan pengalaman Anda selama magang di perusahaan, maka akan menjadi nilai tambah yang menguntungkan.

Bayangkan saja, dalam satu tahun berapa total fresh graduate yang mencoba melamar pekerjaan? Dari sekian banyak yang melamar pekerjaan, hanya sekian persen yang berhasil menembus perusahaan. Dengan tingkat persaingan yang begitu ketat, pengalaman kerja yang Anda cantumkan dalam CV akan sangat membantu.

3. Membangun Relasi

Bukan Cuma menambah wawasan, manfaat magang lainnya adalah membangun relasi. Dari magang, kita bisa bertemu dengan banyak orang yang profesional dalam bidangnya masing-masing. Relasi atau jaringan dalam dunia kerja sangat penting karena di masa depan kita tidak pernah tahu siapa yang akan memberikan kita pekerjaan.

4. Punya Skill dan Keterampilan Baru

Satu yang pasti, program magang akan memberikan pengalaman, skill dan keterampilan baru bagi mereka yang melakukannya. Jika Anda pernah mendengar dunia pendidikan berbeda jauh dengan lapangan pekerjaan, maka jawabannya tepat! Ilmu atau teori yang Anda dapat melalui bangku perkuliahan tidak semuanya akan terpakai dalam lapangan pekerjaan.

Dari tugas atau pekerjaan yang diberikan, Anda bisa belajar keterampilan baru, misalkan saja cara mengoperasikan mesin fotocopy, atau yang lebih sederhananya mampu mengoperasikan Microsoft Office. Skill baru bukan berarti sesuatu yang nilainya besar, bisa berupa hal-hal sederhana yang bisa berguna nantinya.

Penutup

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai beberapa manfaat magang yang bisa Anda dapatkan. Daripada membuang waktu untuk kegiatan tidak bermanfaat, lebih baik menghabiskan waktu di dunia kerja sebagai pemagang bukan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel