Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah WA Biasa ke WA Bisnis

Cara Mengubah WA Biasa ke WA Bisnis

Cara mengubah WA biasa ke WA bisnis sangat mudah dilakukan, khususnya bagi Anda yang hanya ingin bermigrasi dari nomor WA biasa ke WA bisnis untuk keperluan usaha. Tidak bisa dipungkiri di era digital seperti sekarang ini, Anda wajib untuk menyediakan layanan komunikasi yang lebih praktis dan lengkap untuk digunakan. Salah satunya adalah dengan menyediakan akun WhatsApp bisnis.

WhatsApp Business Adalah

WhatsApp Business secara khusus didesain dengan berbagai macam fitur yang lebih lengkap dan beragam. Pastinya, fitur-fitur yang ada pada WhatsApp memiliki fungsi yang dapat membantu Anda mengelola usaha dengan lebih mudah. Secara tampilan, WhatsApp bisnis ini berbeda dengan WhatsApp biasa. Dari logonya saja sudah terlihat berbeda, di mana WhatsApp bisnis menggunakan logo dengan huruf B.

Fitur-fitur di WhatsApp Bisnis

Aplikasi WhatsApp bisnis memiliki fitur yang jauh berbeda dengan WhatsApp biasa, bahkan fitur yang ada di dalamnya sangat lengkap serta disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Berikut ini adalah semua fitur yang ada di dalam WhatsApp bisnis:
  1. Profil akun: Fitur ini memuat deskripsi lebih lengkap mengenai profil Anda, mulai dari kategori bisnis, jam operasional, alamat email dan website hingga alamat bisnis Anda. Keberadaan fitur ini akan membuat tampilan WhatsApp bisnis lebih profesional.
  2. Balas pesan otomatis:Terdapat fitur yang bisa Anda gunakan untuk membalas pesan secara otomatis serta mengatur isi pesan sesuai dengan kebutuhan.
  3. Label: Pelabelan adalah fitur yang digunakan untuk melabeli status pelanggan, mulai dari pelanggan lama, order baru, pelanggan baru, pembayaran yang sudah dan belum dilakukan hingga label complete order untuk transaksi yang sudah selesai.
  4. Panel statistik: Dengan fitur ini, Anda bisa melihat berapa banyak chat yang sudah diterima maupun dikirimkan pada pelanggan Anda.
  5. Centang biru: Kini, Anda bisa melakukan verifikasi sehingga akun WhatsApp bisnis Anda bisa mendapatkan centang biru.

Tujuan utama dari akun WhatsApp bisnis ini adalah untuk mengembangkan usaha yang Anda miliki, sebab sangat penting untuk membedakan akun WhatsApp pribadi dengan bisnis. Oleh karena itu, sebaiknya gunakanlah akun WhatsApp bisnis untuk keperluan bisnis Anda. Namun, bagi Anda yang sudah terlanjur menggunakan akun WhatsApp biasa jangan khawatir karena di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara mengubah WA biasa ke WA bisnis.

Cara Mengubah WA Biasa ke WA Bisnis

Migrasi dari WA biasa ke WA bisnis biasanya dilakukan karena tidak ingin mengubah nomor yang sudah terlanjur diketahui oleh banyak pelanggan atau klien. Daripada membuat akun WA bisnis dengan nomor baru, lebih baik memindahkan akun WA biasa ke WA bisnis, bukan?

Namun, sebelum itu Anda harus mem-backup semua chat dan data yang ada di WA biasa sebelum memindahkannya ke WA Bisnis. Hal ini dilakukan agar seluruh data penting seperti chatting, kontak hingga file penting lainnya tidak hilang saat Anda pindah ke WA Bisnis. Berikut ini adalah caranya:

Cara Mencadangkan Pesan WhatsApp
  1. Buka aplikasi WA biasa yang sekarang Anda gunakan.
  2. Masuk ke menu Setting atau Setelan lalu pilih Chat.
  3. Lanjutkan dengan memilih opsi Chat Back Up atau Cadangkan Chat.
  4. Lalu tab tombol Back Up atau Cadangkan.
  5. Seluruh isi Chat dan data yang ada pada WhatsApp tersebut akan tersimpan ke akun Google Drive yang sudah terhubung dengan akun WhatsApp Anda.

Jika proses pencadangan pesan sudah selesai, maka Anda bisa langsung memindahkan WA biasa ke WA bisnis dengan cara berikut ini:

Cara Membuat WhatsApp Bisnis
  1. Jangan lupa unduh lebih dulu WA bisnis di perangkat Anda lewat Google Play Store atau bisa langsung klik link Download WhatsApp Bisnis.
  2. Jika sudah berhasil di-download langsung saja instal aplikasinya.
  3. Buka aplikasi WA bisnis dan masukkan no HP Anda.
  4. Tunggu hingga laman verifikasi kode OTP dilakukan secara otomatis.
  5. Lanjutkan dengan memilih media dan preferensi pesan yang ingin Anda pulihkan.
  6. Selesai, dan Anda pun sudah menggunakan WhatsApp bisnis namun seluruh isi pesan pada WhatsApp lama bisa muncul di sana. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengatur bisnis Anda.

Sampai di sini, WA bisnis Anda sudah aktif, silahkan Anda lengkapi semua data profil akun WhatsApp business yang diperlukan, mulai dari nama, deskripsi bisnis, jam operasional, dan lain-lain. Anda juga bisa mengganti nama pada akun WA bisnis dan nama ini hanya bisa diganti maksimal tiga kali, maka pertimbangkan baik-baik pada saat akan membuat nama, ya!

Penutup

Itulah pembahasan tentang cara mengubah WA biasa ke WA bisnis. Nah, sekarang sudah tahu kan cara mengubah WA biasa ke WA bisnis? Coba praktekkan cara di atas untuk membuat akun pada WhatsApp Business, ya!