Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peluang Bisnis di Masa Pandemi

Peluang Bisnis di Masa Pandemi

Ada banyak sekali peluang bisnis di masa Pandemi yang dapat Anda kembangkan, khususnya bagi Anda yang mulai mencari cara baru untuk memenuhi tuntutan ekonomi. Sejak penerapan PSBB hingga PPKM, banyak sektor usaha yang berhenti dan karyawan yang kehilangan pekerjaan.

Padahal, kebutuhan hidup tidak bisa dikompromi. Anda tetap harus makan, membayar tagihan, dan biaya sekolah. Tapi, pendapatan malah berkurang atau tidak ada sama sekali. Nah, di sini Anda harus pintar dalam memutar otak untuk bisa mendapatkan penghasilan guna memenuhi kebutuhan.

Rekomendasi Peluang Bisnis di Masa Pandemi

Di masa Pandemi Covid 19 seperti sekarang ini, ada banyak sekali pihak yang merasa dirugikan karena kehilangan pekerjaan dan mata pencaharian mereka selama ini. Sebagian besar kehilangan pekerjaan karena perusahaan tempat mereka bekerja terpaksa ditutup.

Sebagian lagi harus terpaksa gulung tikar ketika bisnis yang dijalankan gagal. Namun, Anda tentunya tidak boleh menyerah begitu saja dengan keadaan, sebab Anda tetap harus bertahan dengan segala kondisi yang ada saat ini.

Salah satunya adalah dengan mencoba memulai bisnis baru yang akan tetap dapat berjalan meski masih dalam masa pandemi. Berikut ini beberapa rekomendasi peluang bisnis di masa Pandemi yang bisa Anda kembangkan:

1. Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang tetap bertahan di masa Pandemi. Alasannya sederhana, yaitu karena semua orang membutuhkan makanan. Apalagi kini Anda bisa menjalankan bisnis ini melalui online.

Bisnis kuliner mencakup banyak sektor, mulai dari makanan cepat saji, frozen food, hingga kopi siap antar. Sebelum memulai bisnis makanan, pastikan Anda sudah mempelajari seluk beluk makanan ini, siapa target pasar yang ingin dijangkau dan bagaimana metode pemesanan yang ingin digunakan.

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda bisa lebih dulu membuat makanan seperti frozen food untuk kemudian mempromosikannya melalui sosial media dan market place. Makanan yang dipesan pun bisa dikirimkan secara mudah dengan adanya bantuan kurir dan ojek online.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sistem made by order, artinya Anda hanya akan membuat makanan sesuai dengan pesanan yang didapatkan. Metode ini sangat berguna bagi Anda yang memiliki keterbatasan modal.

Dengan begitu, Anda bisa meminta pembayaran minimal setengah dari harga makanan yang Anda jual. Metode ini sangat cocok digunakan jika Anda menjual makanan dalam jumlah dan bentuk besar, seperti nasi tumpeng dan kue tart.

2. Bisnis Kebutuhan Bahan Pokok

Salah satu cara untuk tetap dapat menjalankan bisnis di tengah pandemi seperti sekarang ini adalah dengan menjalankannya secara online. Sama seperti bisnis kuliner, bisnis kebutuhan bahan pokok juga bisa menjadi salah satu bisnis yang bisa Anda perhitungkan.

Kebutuhan pokok seperti beras, minyak, telur, gula, kopi, dan lain sebagainya dapat dikirimkan via online, sehingga bisnis ini masih bisa tetap dijalankan meski Anda hanya di rumah saja. Dan pastinya selain makanan siap saji, kebutuhan pokok juga merupakan kebutuhan utama bagi semua orang. Jadi, bisnis ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin memulai bisnis di tengah Pandemi.

3. Bisnis Produk Kesehatan dan Masker

Begitu Covid 19 merebak, masker menjadi salah satu benda wajib yang harus dimiliki dan dibawa kemanapun saat akan bepergian. Setiap orang yang pergi keluar diwajibkan untuk mengenakan masker demi keselamatannya dan juga orang lain.

Ada banyak sekali jenis masker, mulai dari masker medis sekali pakai hingga masker kain dengan banyak motif dan gambar lucu yang bisa digunakan berkali-kali. Namun, pastikan sebelum memulai bisnis ini, Anda sudah mengetahui jenis-jenis masker yang aman untuk digunakan.

Selain masker, Anda juga bisa menjual produk kesehatan lain seperti vitamin atau suplemen yang baik untuk menjaga imun dan kesehatan tubuh. Di tengah wabah seperti ini, produk kesehatan menjadi salah satu bisnis yang sangat tinggi permintaannya.

4. Bisnis Pendidikan dan Pelatihan

Bagi Anda yang memiliki keterampilan namun terkendala modal untuk memulai bisnis, maka bisnis ini bisa menjadi jalan keluar. Ketika semua Instansi pendidikan ditutup dan anak-anak hanya bisa menjalani sekolah online, Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk membuka jasa pendidikan dan pelatihan seperti les privat.

Bahkan, Anda juga tidak perlu mendatangi rumah pelanggan satu persatu untuk memberikan pelatihan karena Anda bisa memanfaatkan segala teknologi yang ada saat ini. Anda bisa membuat video yang dikirimkan secara online bagi anggota yang mengikuti pelatihan Anda.

Selain itu, Anda bisa melakukan komunikasi secara online dengan memanfaatkan aplikasi video conference (vicon) seperti Zoom. Jadi, sebelum memulai bisnis ini, ketahui potensi dan kelebihan yang Anda miliki, siapa tahu Anda bisa memanfaatkannya untuk memulai bisnis di bidang jasa pendidikan dan pelatihan. Sekarang, banyak sekali pengusaha muda yang memulai bisnis di bidang pelatihan untuk mengasah skill, seperti copywriting, video editing, dan advertising.

5. Bisnis Reseller dan Dropship Online Shop

Satu lagi peluang bisnis di masa Pandemi yang bisa Anda lakukan adalah bisnis reseller dan dropship online shop. Ada banyak sekali produk yang bisa Anda jual, mulai dari pakaian, produk kecantikan hingga aksesoris.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal membeli barang-barang dari tangan pertama dan dijual dengan harga lebih mahal jika Anda memiliki modal. Namun, jangan sedih jika tidak memiliki modal, sebab Anda bisa menjualnya dengan sistem dropship.

Penutup

Itulah pembahasan kita tentang peluang bisnis di masa pandemi. Sebenarnya, ada banyak sekali peluang bisnis di masa Pandemi yang bisa Anda coba. Namun, Anda jangan serakah, pilihlah salah satu dari rekomendasi bisnis di atas yang dirasa cocok bagi Anda.