Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TikTok Bisnis untuk Pemasaran

TikTok Bisnis untuk Pemasaran

TikTok bisnis untuk pemasaran belakangan ini menjadi salah satu tren di era digital sebagai media untuk promosi. Platform ini menjadi favorit hampir semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Dengan begitu, apapun jenis bisnisnya dapat dipasarkan di platform ini. Lalu, bagaimana cara memanfaatkan TikTok bisnis untuk pemasaran? Nah, di sini kami akan membahas strategi pemasaran dengan menggunakan TikTok.

Strategi Marketing dengan Menggunakan TikTok

Anda bisa memanfaatkan TikTok sebagai salah satu media pemasaran yang praktis dan juga kekinian. Namun, sebelum mencoba menggunakan TikTok bisnis untuk pemasaran, Anda baca terlebih dahulu ulasan menarik di bawah ini:

1. Belajar Cara Menggunakan TikTok

Sebelum menggunakan TikTok sebagai media promosi dan pemasaran bisnis Anda, kenali lebih dulu aplikasi ini. TikTok sendiri merupakan platform media sosial yang hanya fokus pada konten video dengan durasi mulai dari 15 detik hingga 3 menit.

Pengguna bisa membagikan video buatannya dengan menambahkan efek video, latar musik yang menarik, dan pastinya buat video sekreatif mungkin agar muncul di FYP (for your page) atau video yang direkomendasikan. Di sini, Anda juga bisa memberikan komentar, like, dan share video Anda atau video dari pengguna lain. Bangun engagement yang tinggi untuk meningkatkan brand awareness pada bisnis Anda.

2. Membuat Video Konten yang Menarik

Karena TikTok memang hanya fokus pada konten video saja, maka di sini Anda juga harus siap mencari ide menarik dan membuat video konten yang bisa disukai banyak orang. Tentu saja ide konten yang Anda buat harus berhubungan dengan bisnis yang Anda miliki.

Di sini juga dibutuhkan kata kunci untuk membuat video Anda mampu mendapatkan banyak perhatian. Jika Anda sudah terbiasa membuat konten untuk blog dan website, maka cara kerjanya tidak jauh berbeda. Gunakan tool seperti Ahrefs atau Ubersuggest untuk mendapatkan kata kunci yang sesuai dengan produk atau jasa Anda.

3. Membuat Hashtag untuk Video

Tidak hanya kata kunci, hashtag yang tepat juga sangat diperlukan untuk membuat video TikTok muncul di FYP. Namun, penggunaan hashtag yang tepat juga menjadi penentu apakah video Anda muncul di rekomendasi atau tidak.

Gunakan hashtag yang relevan dengan bisnis dan konten video Anda. Hashtag dianggap sebagai bagian dari informasi yang ada pada video Anda, sehingga bisa dijadikan sebagai referensi dan rekomendasi video pada pengguna lain di TikTok.
 
4. Konsisten Membuat Konten

Rajin posting konten video adalah salah satu rahasia sukses bagi content creator masa kini. Meski awalnya mungkin video Anda masih sepi pengunjung, tapi dengan terus membuat konten video maka perlahan konten Anda akan dilirik juga.

Apalagi jika setiap konten video Anda mendapatkan perhatian seperti like, comment, and share, maka tidak hanya FYP tetapi juga mendapatkan popularitas hingga di luar platform TikTok. Pastinya, hal ini akan memberikan pengaruh positif bagi bisnis Anda, bukan?

5. Bagikan Komentar

Membagikan komentar juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan promosi di TikTok. Sebab, biasanya setiap video yang diposting ke TikTok akan mendapatkan reaksi dari para pengguna lainnya.

Melalui kolom komentar, Anda bisa menjawab pertanyaan seputar produk atau brand Anda pada sebuah postingan untuk meningkatkan engagement akun Anda. Selain itu, Anda juga bisa sering memberikan komentar ke video orang lain karena bisa meningkatkan brand awareness.

6. TikTok Ads

Tidak boleh ketinggalan, Anda juga wajib menggunakan TikTok Ads sebagai strategi pemasaran karena TikTok juga menyediakan layanan iklan dengan target audiens yang luas dan cepat. TikTok sendiri menyediakan 4 jenis Iklan, di antaranya adalah:
  1. InFeed Ads yang akan memunculkan iklan di feed atau FYP.
  2. Promotes Hashtag Challenge yang mengajak pengguna menggunakan hashtag challenge yang Anda buat.
  3. Branded Effect atau Filter berisikan efek khusus yang di dalamnya terdapat informasi produk.
  4. Brand Takeover merupakan iklan eksklusif yang berisi video, image hingga gif yang akan muncul sehari sekali ketika pertama membuka aplikasi.

7. Analytics TikTok Ads

Ketika Anda menggunakan TikTok Ads maka akan secara otomatis Anda akan mendapatkan data yang bisa digunakan untuk melakukan analisa dan melihat apakah promosi yang dilakukan sudah berjalan baik atau belum. Caranya adalah dengan klik menu Analytic yang terdapat di akun TikTok Anda, kemudian klik View Analytics sehingga Anda bisa melihat hasil analytic pada setiap postingan yang Anda miliki.

Selain itu terdapat juga fitur Follower Analytics yang bisa memberikan insight mengenai perilaku follower, mulai dari konten yang sering ditonton hingga waktu online. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat konten yang disukai oleh follower akun Anda, bukan?

Penutup

Demikianlah ulasan singkat tentang TikTok bisnis untuk pemasaran. TikTok bisnis bisa digunakan sebagai salah satu langkah tepat untuk meningkatkan bisnis Anda dengan cara yang lebih mudah dan ramah pada generasi masa kini.