Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dalam Memulai Bisnis Secara Online untuk Pemula

Tips dalam Memulai Bisnis Secara Online untuk Pemula

Berbagai macam bisnis online telah banyak dijalani, terlebih lagi bisnis online shop, di mana pelaku bisnis melakukan perdagangan secara virtual. Jika Anda tertarik, ketahui dulu tips dalam memulai bisnis secara online untuk pemula supaya semuanya dapat berjalan dengan lancar.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula?

Sebagaimana yang telah Anda ketahui, bahwa bisnis online sudah sangat menjamur saat ini. Banyak sekali pelaku bisnis yang beralih ke dalam sistem online terhadap perdagangannya. Namun, untuk memulainya, Anda perlu beberapa strategi yang mumpuni, di antaranya:

1. Tentukan Apa yang Ingin Anda Jual

Sebelum terjun ke dalam dunia bisnis online, Anda harus menentukan dan mengetahui apa yang hendak dijual. Bahkan, Anda juga harus memahami secara detail supaya paham betul bagaimana kualitas dari suatu produk yang sudah Anda tentukan tersebut.

Dengan memahami apa yang Anda jual, maka proses melakukan promosi akan jauh lebih mudah karena Anda tahu dan paham kelebihan serta manfaatnya untuk calon konsumen. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui berapa kisaran harga yang pantas saat hendak menjual produk tersebut ke target pasar.

2. Melakukan Riset Terhadap Kompetitor

Selain itu, Anda juga harus melakukan riset terhadap kompetitor. Lakukan saja penelitian bagaimana mereka menjual produknya secara online. Lihat pada beberapa platform online marketplace yang ada, misalnya saja seperti Shopee, Tokopedia, dan lain-lain.

Cari tahu apa yang kompetitor tawarkan, sehingga banyak calon konsumen yang mau membeli produknya. Perlu Anda ketahui, bahwa rating dan juga review pun sangat memengaruhi. Dari sinilah pembelajaran berbisnis online dimulai, jadikan produk Anda memiliki keunggulan dari pesaing lainnya.

3. Carilah Supplier untuk Bisnis Online

Jika Anda ingin mencari supplier, maka Anda harus mencari tahu di mana pusat produksi barang yang Anda jual. Ada beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi, seperti pasar tanah abang, sentra produksi di Cikampek, dan beberapa lainnya.

4. Buatlah Brand Bisnis Online yang Menarik

Tidak sampai di situ saja, Anda juga harus membuat brand bisnis online yang jauh lebih menarik. Tujuannya adalah supaya banyak orang yang semakin percaya dengan brand bisnis Anda. Dengan begitu, konsumen beranggapan bahwa brand tersebut menyediakan produk bagus dan berkualitas.

Contohnya saja seperti brand Nike yang sudah dikenal oleh banyak orang sebagai brand dengan produk yang bagus dan juga berkualitas. Dari sini, Anda bisa mengambil pelajaran, bagaimana cara membuat brand bisnis yang terkenal, paling tidak dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia.

5. Buatlah Website atau Sosial Media untuk Bisnis

Mengingat bisnis ini Anda lakukan secara online, maka sudah pasti harus memiliki website atau setidaknya akun sosial media. Tentu saja tujuannya adalah untuk melakukan promosi secara besar-besaran kepada calon konsumen, apalagi dengan bantuan sosmed ini Anda dapat menjangkau target pasar secara luas.

Selain membuat website atau akun di sosial media, akan lebih sempurna lagi jika Anda membuka toko online di beberapa aplikasi marketplace, misalnya saja seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, dan lain-lain. Dengan begitu, customer akan lebih mudah membeli produk Anda.

6. Melakukan Promosi Gratis dan Berbayar

Perlu Anda ketahui, bahwa melakukan promosi di era digital sekarang ini bukan hal yang sulit lagi, apalagi telah hadir bentuk promosi secara gratis dan juga berbayar. Tentu saja apapun bentuk promosinya pasti memiliki keuntungannya masing-masing.

Meskipun demikian, kebanyakan tetap memilih yang berbayar. Kalau ingin yang berbayar, Anda bisa menggunakan Facebook Ads atau Instagram Ads. Untuk biayanya sendiri, Anda hanya merogoh kocek mulai dari Rp10 ribu per hari.

7. Mempertahankan Jika Memiliki Pelanggan Setia

Mendapatkan pelanggan setia itu merupakan salah satu bonus yang bisa saja Anda dapatkan, apalagi cara mendapatkannya juga tidak mudah. Calon konsumen masih harus menyaring, apakah produk yang terjual itu berkualitas atau tidak, termasuk harganya juga terjangkau atau malah sebaliknya.

Cara yang dapat Anda lakukan demi mempertahankan pelanggan setia, yaitu dengan memberikan reward. Misalnya saja dengan memberikan diskon atau potongan harga maupun bonus produk sebagai bentuk terima kasih karena sudah datang kembali untuk membeli produk.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan secara detail mengenai informasi terkait tips dalam memulai bisnis secara online untuk pemula. Dari pembahasan di atas, Anda bisa menerapkannya satu per satu agar bisnis online Anda dapat berjalan dengan lancar.