Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Membuat Transaksi Lebih Cepat dan Mudah

5 Cara Membuat Transaksi Lebih Cepat dan Mudah

Mengapa kemudahan bertransaksi itu penting? Sebab, apalah artinya copy (naskah promosi) yang "hebat" jika masih sulit untuk membuat kesepakatan dengan pembaca. Nah, beberapa poin di bawah ini barangkali bisa membantu Anda bagaimana cara membuat transaksi lebih cepat dan mudah (Musman, 2021):

1. Pilih Nama yang Mudah Diingat

Jika pembaca menginginkan produk Anda, pastilah mereka akan menghubungi narahubung (call center) yang bisa menjadi perantara antara Anda dengan calon konsumen. Itulah sebabnya, dalam penulisan alamat surel dan layanan pelanggan (customer service) yang bisa dihubungi, pasti Anda menggunakan sebuah nama yang mempermudah proses transaksi.

2. Pilih Nomor Telepon yang Mudah Diingat

Selain nama yang mudah diingat, Anda juga memerlukan nomor telepon. Carilah nomor telepon yang mudah dihafal, misalnya: Geprek Chicken, call center 454545. Anda bisa memesan nomor cantik yang Anda inginkan, meskipun barangkali membutuhkan biaya ekstra.

3. Keseragaman Nama atau Kata untuk Semua Media Promosi

Keseragaman nama dan kata dalam semua media promosi merupakan sesuatu yang harus dipenuhi. Mengapa? Hal itu guna menghindari kesalahpahaman karena perbedaan nama dan kata yang digunakan. Di samping itu juga, keseragaman nama membuat target pasar tidak bingung dengan perbedaan tersebut.

Kalau tidak, maka ditakutkan mereka menjadi tidak percaya kepada Anda karena inkonsistensi yang Anda lakukan. Demikian pula jika Anda menggunakan sistem transfer ke rekening bank, usahakan untuk menggunakan nama yang sama, meskipun banknya berbeda.

4. Cek Ulang Semua Narahubung agar Tidak Salah Sambung

Setelah berhasil menemukan nama dan menyeragamkan semua nama pada media promosi, coba cek ulang apakah semua alamat, surel, nomor telepon, dan lainnya benar-benar tepat dan tersambung atau tidak. Jangan sampai ada kesalahan menulis nama atau angka, sehingga membuat beberapa pesan tidak sampai kepada Anda.

Calon pembeli menunggu respon dari Anda, padahal pesan atau telepon mereka tidak pernah sampai kepada Anda. Ini adalah kesalahan fatal. Oleh sebab itu, Anda harus cek ulang lagi hingga Anda yakin semuanya sudah terhubung.

5. Data Lengkap

Beberapa data yang bisa dicantumkan dalam copywriting, antara lain:

a. Definisi Produk

Definisikan produk atau jasa yang Anda tawarkan agar pembaca lebih mudah mengenali dan mengambil keputusan, apakah akan membaca lalu menginginkan produk Anda atau justru malah sebaliknya. Oleh karena itu, definisikan produk atau jasa yang Anda tawarkan dengan baik melalui definisi yang tepat dan padat.

b. Ulasan Singkat

Berikan ulasan singkat yang ditulis oleh orang lain atau cantumkan pendapat dari orang lain tentang produk yang Anda tawarkan. Ini berbeda dengan testimoni karena testimoni adalah komentar atau saran yang diberikan oleh orang yang sudah menggunakan dan membeli produk Anda, misalnya "Resto Mbah Mo, kremesnya enak".

Sementara ulasan lebih dari itu. Ulasan menceritakan secara gamblang dan jelas mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan. Contohnya adalah menceritakan definisi dari produk atau jasa Anda, tapi berdasarkan pada sudut pandang orang lain.

Jadi, orang lain berhak memberikan penilaian mereka terkait dengan apa yang mereka terima dan rasakan tentang produk dan jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, Anda pun tidak berhak untuk melarang mereka mengungkapkan pendapatnya tentang lebih atau kurangnya produk Anda.

Contohnya adalah ulasan tentang Donit Donat oleh Nicko (web developer):
Saya tertarik dengan Donit Donat karena kemasannya yang menarik. Warnanya merah menyala dengan tulisan hitam berkilau. Kata yang pernah coba, Donit Donat teksturnya lembut, rasanya legit. Namun sayangnya topingnya kurang bervariasi. Ya, apa pun pendapat orang, saya tetap ingin mencobanya. Sebab, I love donats very much! Suweeeer!

c. Profil Singkat

Berikan profil singkat dari perusahaan atau toko yang menaungi produk Anda. Hal ini untuk membuktikan bahwa produk atau jasa Anda benar-benar memiliki badan hukum. Dengan bukti berupa profil singkat perusahaan dan pemilik usaha, orang-orang akan lebih mudah percaya.

d. Rekomendasi atau Otoritas Resmi

Dalam menulis copy, Anda bisa menambahkan badan hukum atau otoritas resmi yang mendukung produk Anda. Dengan demikian, keyakinan orang yang membaca copy Anda akan semakin meningkat, misalnya air minum ini telah menjalani uji laboratorium kesehatan di Universitas Airlangga, Surabaya.

Demikianlah pembahasan tentang 5 cara membuat transaksi lebih cepat dan mudah. Jadi, kemampuan copywriting saja tidak cukup, sehingga Anda harus membuat audiens lebih cepat dan mudah dalam mengambil keputusan untuk bertransaksi.