Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jurusan Pemasaran: Bagaimana Prospek Kerjanya?

Jurusan Pemasaran Kerja yang Wajib Anda Tahu

Ada banyak bidang yang semakin dibutuhkan pada era kemajuan teknologi sekarang ini. Nah, salah satunya yakni jurusan pemasaran. Sebelumnya, penting bagi Anda untuk mengetahui terkait jawaban dari definisi jurusan pemasaran itu sendiri.

Definisi Jurusan Pemasaran

Jurusan pemasaran merupakan suatu ilmu yang mengajarkan tentang seluk-beluk pasar. Pembahasannya terbilang sangat beragam, mulai dari cara menciptakan produk berkualitas sampai tahap pemasarannya. Saat ini, bidang tersebut sangat digandrungi karena dunia bisnis semakin berkembang pesat.

Berkat kecanggihan teknologi, sistem kerja dari pemasaran bisa dilakukan melalui platform online. Selain menghemat pengeluaran, tentu juga sangat efektif untuk menjaring banyak pelanggan dari kalangan di seluruh wilayah.

Modal utama yang harus Anda miliki hanyalah perangkat yang terkoneksi dengan internet. Jika Anda berminat untuk bekerja dalam dunia pemasaran, Anda bisa mengambil jurusan ini. Beragam peluang kerja yang bisa Anda masuki setelah mempelajari ilmu pemasaran, misalnya marketing analyst dan sales sebuah produk.

Prospek Kerja Jurusan Pemasaran

Jurusan pemasaran menjadi salah satu jurusan yang bisa memberikan masa depan cerah. Nah, jika Anda benar-benar tertarik untuk kuliah di jurusan tersebut, maka dapat Anda simak berbagai prospek kerjanya pada uraian berikut ini:

1. Public Relation

Peran dari public relation (PR) dalam sebuah lembaga memang bisa dikatakan sangat penting karena berpengaruh pada citra perusahaan. Umumnya, mereka bertugas untuk mencari penyelesaian masalah dan menyusun rencana pemasaran produk agar diminati banyak kalangan.

Seorang PR sendiri harus memiliki beberapa kemampuan, seperti public speaking, kemampuan leadership, dan sebagainya. Di samping itu, seorang PR juga diharuskan untuk berpenampilan menarik karena mereka akan mengomunikasikan segala hal terkait perusahaan dengan khalayak luas.

2. Event Planner

Kehadiran event planner bisa memudahkan terselenggaranya suatu event dengan baik. Keberlangsungan sebuah acara bisa berhasil bukan hanya dari penataan panggungnya saja, melainkan juga promosi.

Dengan hadirnya banyak orang maka bisa mencapai tujuan pengadaan acara tersebut. Pekerjaan jenis ini relatif besar bayarannya. Per acara tergantung dari tingkat kerumitannya. Umumnya, Anda bisa memperoleh sekitar Rp5.000.000 untuk satu kali kontrak dalam jangka waktu tertentu.

3. Social Media Marketing

Sosial media saat ini menjelma sebagai platform yang digunakan oleh berbagai kalangan, terutama remaja. Hal tersebut dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk mengenalkan produk atau jasa mereka ke khalayak luas.

Supaya hasilnya lebih maksimal, maka perlu peran social media marketing. Social media marketing sendiri bertugas untuk memasarkan produk atau jasa melalui pendekatan media sosial. Dengan begitu, Anda perlu memikirkan bagaimana cara membuat konten yang dapat diminati oleh target market.

4. Marketing Analyst

Bagi Anda yang suka menganalisis dan mengolah data, maka jabatan ini sangat cocok. Biasanya, marketing analyst sangat diperlukan oleh perusahaan-perusahaan, terutama yang bergerak dalam bidang konsultan untuk membantu banyak pihak.

Tugas marketing analyst secara spesifik adalah untuk mengetahui terkait tren, perilaku, dan menganalisis trik marketing dari kompetitor. Pekerja dalam bidang ini diperkirakan bisa mendapatkan gaji sekitar Rp7.000.000, tapi itu semua tergantung dari masing-masing perusahaan.

5. Sales Executive

Sebagai sales executive, kemampuan public speaking sangatlah penting. Sebab, Anda harus dapat meyakinkan masyarakat untuk membeli produk yang ditawarkan. Prospek kerja pada bidang ini untuk lulusan pemasaran tersedia begitu banyak karena hampir setiap perusahaan memerlukannya.

Mengenai kisaran gajinya cukup bervariasi, tergantung di perusahaan mana Anda bekerja. Menariknya, Anda akan mendapatkan bonus 5-10% dari setiap nilai penjualan. Jadi, semakin banyak penjualan yang Anda hasilkan maka semakin besar pula gajinya.

6. Admin Marketing

Kisaran gaji yang pekerja bidang ini dapatkan sebesar Rp4.000.000 dengan waktu sesuai jam kerja pada umumnya. Jika ada lembur, lazimnya akan mendapatkan bonus sesuai kebijakan dari perusahaan. Kehadiran admin marketing sangat krusial karena dapat memenuhi kebutuhan klien.

Apabila Anda memutuskan untuk mengambil jurusan pemasaran, maka Anda berpeluang besar menjadi admin marketing. Nantinya, Anda akan mendapatkan beberapa bimbingan, seperti mengorganisir hasil penjualan, menyusun strategi, dan lain-lainnya.

7. Wirausaha

Bidang ini sangat disarankan untuk Anda yang ingin bekerja di bawah manajemen sendiri. Mendirikan suatu usaha dengan bekal ilmu pemasaran maka bisa memaksimalkan pendapatan. Dewasa ini, sebagian besar orang memanfaatkan medsos sebagai promosi dan mampu menjangkau banyak kalangan.

Demikianlah penjelasan mengenai jurusan pemasaran dan prospek kerjanya yang perlu Anda ketahui. Pastikan untuk memilih posisi yang paling sesuai dengan passion agar nantinya bisa menangani berbagai hambatan saat menjalankan tugas.