Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kriteria Penerima BLT Ketenagakerjaan

Kriteria Penerima BLT Ketenagakerjaan

Ada beberapa persyaratan yang perlu Anda lakukan sebelum mengajukan BLT (bantuan langsung tunai) ketenagakerjaan. Hal ini bertujuan agar lebih tepat sasaran karena saat ini banyak orang memerlukan penunjang untuk meningkatkan taraf perekonomian.

Ada banyak kriteria yang perlu Anda perhatikan sebelum mendaftarkan diri untuk mendapatkan BLT ketenagakerjaan. Mengenai hal itu, berikut ini adalah beberapa kriteria penerima BLT ketenagakerjaan yang perlu Anda ketahui:
  • Utamanya pekerja pada sektor usaha industri barang konsumsi, aneka industri, transportasi, properti dan real estate, serta perdagangan dan jasa (kecuali pendidikan dan kesehatan) sesuai dengan klasifikasi dari pihak yang bertanggung jawab.
  • Bekerja di wilayah PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) level 3 dan 4, tepatnya berada di 28 provinsi dan 167 kab/kota.
  • Memiliki gaji atau upah paling banyak sekitar Rp3,5 juta setiap bulannya.
  • Merupakan warga negara Indonesia yang dibuktikan melalui nomor induk kependudukan.
  • Telah terdaftar sebagai peserta.

Tidak semua orang akan menerima bantuan tersebut karena pemilihan hanya bagi mereka yang benar-benar membutuhkan, terutama yang terdampak kebijakan pemerintah selama adanya virus Covid-19. Tujuan utamanya yakni meminimalisir dampak, khususnya untuk masyarakat menengah ke bawah.

Manfaat Adanya BLT Ketenagakerjaan

Selama masa pandemi, sebagian masyarakat mengeluhkan akan penurunan pendapatan secara signifikan dan pemutusan hubungan kerja akibat penurunan penghasilan perusahaan. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa manfaat adanya BLT ketenagakerjaan:


1. Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian

Sejak meningkatnya kasus persebaran covid-19, mobilitas masyarakat kian dibatasi demi mengurangi persebarannya. Akibatnya, ada banyak pekerja yang terpaksa berhenti, terutama karyawan swasta. Agar mereka tetap bisa memenuhi kebutuhan, pihak terkait memberikan program bantuan langsung tunai.

Perekonomian pada beberapa tahun terakhir memang sedang mengalami depresiasi disebabkan pengurangan aktivitas kerja. Bahkan, banyak orang berpindah profesi menjadi seorang content creator demi mendapatkan tambahan pendapatan karena terbilang memberikan penghasilan lebih.

2. Sebagai Wujud Kepedulian Pemerintah

Tingginya tingkat pengangguran belakangan ini bisa menyebabkan maraknya tindak kejahatan, seperti pencurian, pembunuhan, dan lainnya. Oleh karena itu, wajar saja jika pemerintah mengeluarkan kebijakan BLT sebagai bentuk kepeduliannya.

Bagi para pekerja, adanya tunjangan semacam ini akan sangat membantu, terutama bagi mereka yang bergaji rendah. Namun, tidak semua karyawan bisa mendapatkan BLT ketenagakerjaan karena satu dan lain hal, termasuk gajinya tidak sesuai dengan ketentuan yang disyaratkan.


3. Mengurangi Tindak Kejahatan

Tindak kejahatan sendiri bisa terjadi karena beberapa hal. Salah satunya adalah tingkat perekonomian yang rendah. Dengan hadirnya bantuan berupa BLT ketenagakerjaan diharapkan kasus tindak kejahatan dapat berkurang.

Penting untuk Anda ketahui bahwa BLT ini hanya menampung jumlah yang terbatas dan pada durasi waktu tertentu. Berita yang beredar baru-baru ini yaitu senilai Rp 1 juta yang langsung masuk ke nomor rekening terdaftar.

4. Bisa Anda Gunakan untuk Membangun Usaha

Akhir-akhir ini, bisnis menjadi bidang yang paling ramai digeluti karena memberikan banyak keuntungan. Dengan adanya BLT ketenagakerjaan, para mantan karyawan bisa membangun usaha supaya bisa mendapatkan penghasilan tambahan, mulai dari nominal sedang bahkan sampai fantastis.

Banyak jenis bisnis yang bisa Anda jalankan meski dengan modal kecil sekalipun. Kunci utamanya adalah teknik marketing yang digunakan harus tertarget. Platform digital bisa Anda fungsikan untuk menunjang kemaksimalannya, misalnya dengan memanfaatkan media sosial atau website.


Cara Mengecek Bantuan BLT Melalui Laman SSO BPJS Ketenagakerjaan

Bagi Anda yang ingin mengetahui, apakah mendapatkan bantuan atau tidak, bisa langsung melakukan pengecekan dengan praktis. Sebelumnya, pastikan bahwa perangkat yang digunakan terhubung dengan koneksi internet.

Pengecekan bantuan ketenagakerjaan sendiri bisa Anda lakukan pada berbagai platform. Salah satunya adalah SSO BPJS. Nah, berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan mengenai pengecekan BLT melalui SSO BPJS:
  • Buka aplikasi web browser di ponsel Anda.
  • Buka halaman resminya di link https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  • Silahkan masuk ke tampilan layar SSO BPJS Ketenagakerjaan.
  • Tunggu sistem terbuka di laman layar informasi.
  • Isi alamat email dan password.
  • Jika belum memiliki akun, silahkan membuatnya terlebih dahulu.
  • Klik bagian opsi buat akun di bagian bawah layar.
  • Klik centang tampilan saya bukan robot.
  • Pilih menu login.
  • Masuk ke dashboard, kemudian pilih bantuan subsidi upah.
  • Sistem akan menampilkan pemberitahuan terkait.
  • Silahkan cek secara teliti pada datanya agar tidak keliru.
  • Proses selesai.

Demikianlah penjelasan mengenai kriteria penerima BLT ketenagakerjaan yang perlu Anda ketahui. Program ini bertujuan untuk membantu pihak-pihak tertentu yang mengalami kemerosotan ekonomi selama pandemi berlangsung.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Your time is limited, so don't waste it living someone else's life - Steve Jobs