Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal 5 Jenis Headline Paling Mungkin Viral

Mengenal 5 Jenis Headline Paling Mungkin Viral

Sebelum mengetahui mengapa headline bisa menjadi viral, Anda perlu untuk memahami terlebih dahulu tentang mengapa orang mau berbagi konten. Menurut Dian Martin, orang-orang berbagi konten karena konten merupakan cerminan dari siapa diri kita, sehingga konten tersebut mengatakan sesuatu tentang diri kita, entah secara sadar ataupun tidak.

Terkadang, kita membagikan konten yang bermanfaat karena hal itu membuat kita terlihat sebagai orang yang suka menolong (memenuhi kebutuhan kita akan aktualisasi diri). Lantas, kita pun terkadang membagikan konten yang memiliki pendirian keras, sebab kita ingin menunjukkan pada semua orang tentang kelompok di mana kita menjadi bagiannya (memenuhi kebutuhan kita untuk menjadi bagian).

Saat memutuskan konten apa yang akan dibagikan, headline melambangkan semuanya. Inilah alasan mengapa orang-orang memerhatikan headline terlebih dahulu. Nah, untuk mengenal 5 jenis headline paling mungkin viral, Anda dapat menyimaknya pada ulasan di bawah ini (Musman, 2021):

1. Kiriman Pertanyaan

Kiriman pertanyaan adalah "melempar secara terbuka" kepada pembaca atau audiens dan memberikan jawaban langsung untuk pertanyaan mereka, contohnya:
2. Kiriman Hati ke Hati

Kiriman hati ke hati, seolah-olah Anda mengatakan kepada pembaca, "Saya akan menceritakan rahasia atau pemikiran yang paling dalam, sisi yang paling terang atau gelap dengan Anda. Ayolah duduk di sebelah saya untuk menyimak kisah saya." Adapun contohnya adalah sebagai berikut:
3. Kiriman Resource

Kiriman resource adalah panduan panjang atau sejumlah besar konten yang dikurasi yang menyediakan solusi lengkap untuk masalah tertentu, contohnya:
4. Kiriman How To

Kiriman how to mengajarkan suatu instruksi atau cara untuk melakukan sesuatu dengan langkah-langkah yang runtut. Dengan begitu, Anda dapat membantu calon konsumen untuk mencapai hasil spesifik yang diinginkan, contohnya:
5. Kiriman List

Kiriman list merupakan suatu ulasan yang menyediakan daftar tentang hal-hal yang bermanfaat bagi calon konsumen. Contohnya adalah sebagai berikut:
Demikianlah ulasan tentang 5 jenis headline yang paling mungkin viral. Setelah mengikuti salah satu dari 5 headline yang mungkin viral di atas, Anda harus menambahkan komponen terakhir yaitu elemen emosi, seperti rasa kagum, marah, cemas, takut, senang, nafsu, terkejut, dan terguncang (shock).