Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peluang Bisnis di Masa Pandemi yang Direkomendasikan

Peluang Bisnis di Masa Pandemi yang Direkomendasikan

Setelah virus Covid-19 menginfeksi hampir seluruh negara, membuat perekonomian menurun drastis karena mobilitas masyarakat di luar ruangan menjadi sangat terbatas. Oleh sebab itu, khalayak ramai mulai mencari berbagai peluang bisnis di masa pandemi yang terbilang menguntungkan.

Beberapa Peluang Bisnis di Masa Pandemi

Saat ini, bisnis dipercaya sebagai bidang yang memberikan banyak keuntungan dan kebebasan bekerja di bawah manajemen pribadi. Menariknya lagi, Anda bahkan bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang-orang sekitar, terutama kalangan pemuda untuk mengurangi jumlah pengangguran.

Nah, apa saja peluang bisnis yang memiliki prosepek yang baik? Apa saja peluang bisnis yang cocok di masa pandemi? Barangkali pertanyaan semacam itu yang sedang terlintas di benak Anda sekarang. Oleh karena itu, berikut ini adalah ulasannya:

1. Jualan Online

Sebagian besar masyarakat modern menyukai sesuatu yang praktis, termasuk berbelanja. Jadi, wajar saja jika sistem jual beli online banyak dijadikan rujukan, baik di platform media sosial, website, maupun marketplace ternama saat ini.

Jika berminat, Anda bisa menjual berbagai macam produk yang banyak diminati, seperti fashion, camilan, dan produk elektronik. Menariknya, cara transaksinya sangat mudah, apalagi hadir bergam aplikasi pembayaran digital berupa mobile banking dan e-wallet yang sudah terjamin keamanannya.

2. Berjualan Pulsa dan Paket Data

Tingkat penggunaan pulsa dan paket data selama masa pandemi ini tercatat meningkat pesat karena sebagian besar kegiatan masyarakat menggunakan internet, mulai dari pelajar hingga pekerja. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk membuka usaha dengan menyediakan pulsa dan paket data.

Jika tidak memiliki cukup uang untuk membuka toko offline, Anda bisa memasarkannya melalui platform digital. Tempat ini justru membuka peluang besar untuk menjaring pembeli dari berbagai daerah.

3. Affiliate Marketing

Bagi yang ingin membuka usaha dengan modal kecil, bahkan bisa saja tidak memerlukannya sama sekali, Anda dapat memilih affiliate marketing. Bisnis ini berkaitan dengan menawarkan atau mempromosikan produk orang lain dengan sistem kerjasama.

Nantinya, Anda akan mendapatkan komisi setelah mengerjakannya. Cara kerjanya sendiri terbilang sangat mudah, yaitu jika seseorang melakukan pembelian barang dengan memasukkan kode referal yang Anda bagikan, maka secara otomatis Anda akan mendapatkan keuntungan.

4. Frozen Food

Beberapa waktu terakhir, makanan instan sering menjadi rujukan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan, baik berupa produk camilan maupun lauk pauk. Sebelum menjalankannya, sebaiknya pilih penyuplai terpercaya dan sudah memiliki izin edar resmi.

Bisnis makanan memang sangat menjanjikan karena peminatnya terus meningkat, terutama kalangan mahasiswa. Apabila berniat membuka usaha ini, terdapat beberapa perlengkapan yang perlu Anda persiapkan, seperti etalase, mesin pembeku makanan, dan lainnya.

5. Agen WiFi

Dewasa ini, masyarakat tidak bisa terpisahkan dengan teknologi karena masyarakat sangat bergantung padanya guna menunjang keberlangsungan kegiatannya. Oleh sebab itu, tidak heran bila hampir setiap rumah memasang WiFi dengan tingkat kecepatan tertentu.

Dengan melihat fakta ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk membangun usaha sebagai penyedia layanan pemasangan. Meskipun persaingannya sudah semakin ketat, namun jika kualitasnya bagus dan bisa dipercaya tentu saja akan jauh lebih mudah menarik minat pelanggan.

6. Berjualan Camilan

Camilan sampai sekarang masih menjadi pilihan untuk kebutuhan berbagai acara, baik itu arisan ataupun pernikahan. Anda bisa menjadikannya sebuah peluang usaha dengan sistem menjual langsung dalam kemasan.

Semakin hari, jenis camilan semakin meningkat drastis, mulai dari roti kering sampai ciki. Nah, sebelum memulainya, Anda harus tentukan terlebih dahulu siapa target market Anda. Kemudian, gunakan strategi marketing yang paling tepat untuk menjangkau target market tersebut.

7. Agen Air Mineral

Membuka usaha penyedia agen air mineral banyak orang butuhkan, terutama di tempat-tempat yang minim air bersih. Sebaiknya, Anda mempersiapkan perlengkapan sesuai standar untuk menjamin keamanannya sebelum menjalankan usaha ini.

Kebiasaan mayoritas masyarakat saat ini memang lebih memilih untuk membeli air mineral dalam bentuk kemasan atau langsung dari agen daripada merebusnya terlebih dahulu. Nah, Anda bisa membuka usaha depot air minum isi ulang dengan layanan tambahan berupa pesan antar langsung ke rumah pemesan.

8. Menawarkan Jasa Mengelola Media Sosial

Pengguna media sosial tercatat terus bertambah dari tahun ke tahun karena memang sangat dibutuhkan oleh berbagai kalangan untuk beragam keperluan. Oleh sebab itu, wajar saja jika bisnis dengan menggunakan platform tersebut semakin ramai peminatnya dan tentunya harus dikelola dengan baik.

Hanya saja karena tingkat kesibukannya sangat tinggi, menjadikan beberapa pemilik usaha tidak sempat mengelolanya sebaik mungkin. Hal ini justru bisa menjadi sebuah peluang bisnis menjanjikan bagi Anda sebagai pengelola media sosial, seperti jasa pembuatan konten dan lainnya.

Demikian penjelasan mengenai peluang bisnis di masa pandemi yang bisa Anda jadikan rujukan untuk mendapatkan pemasukan besar. Jangan lupa untuk memilih bisnis yang sesuai dengan passion Anda supaya mendapatkan hasil yang maksimal.