Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu SEO Copywriting dan Bagaimana Penerapannya?

Penerapan SEO dalam Copy

Menulis naskah yang berkualitas ternyata belum cukup. Anda juga perlu memikirkan elemen SEO (search engine optimization) di dalam naskahnya. Percuma jika naskah, konten, maupun artikel Anda bagus, tetapi tidak ada yang membaca atau sulit ditemukan.

SEO copywriting berarti menggabungkan kemampuan copywriter dengan SEO. Ternyata, tugas Anda bukan hanya membuat konten untuk manusia saja, melainkan juga menulis konten yang akrab dengan mesin pencari seperti Google.

Lantas, bagaimana penerapannya? Sebenarnya cukup sederhana saja. Anda hanya perlu menentukan keyword atau kata kunci apa yang ingin Anda targetkan ke pembaca. Nah, kata kunci ini nantinya Anda siapkan di bagian judul atau headline.

Ikuti cara yang sama pada setiap judul dan isi naskah Anda, tetapi pastikan tidak berlebihan dan mengurangi kualitas konten yang Anda buat. Menurut Musman (2021), ada dua cara yang bisa Anda lakukan agar SEO web Anda tidak kalah dengan yang lainnya:

1. Paragraf Pendek

Tahukah Anda bahwa manusia melakukan scanning ketika membaca? Scanning adalah proses membaca dengan cepat. Jadi, jika Anda hanya mengandalkan teknik copywriting saja, maka jangan harap pengunjung situs web Anda nyaman saat membaca konten itu.

Mengolah dan menulis kata menjadi paragraf pendek membuat mata pembaca menjadi relaks saat membacanya. Lagi pula, paragraf yang pendek lebih mudah dicerna dan mempermudah proses scanning mereka.

2. Hindari Kata-kata Baku

Dalam penggunaan bahasa, bersikap sopan dan profesional wajib Anda terapkan. Namun begitu, bukan berarti Anda menggunakan bahasa yang kaku seperti robot karena akan sulit untuk diterima oleh lawan bicara.

Cukup sampaikan informasi layaknya seperti Anda tengah berinteraksi dengan teman. Anda harus menggunakan kata-kata yang santai agar timbul keakraban maupun kesan yang ditinggalkan menggapai audiens yang lebih luas lagi.

Ada tips rahasia agar penyampaian informasi Anda terasa luwes atau tidak seperti robot, yaitu:
  • Baca ulang apa yang sudah Anda tulis, bacalah dalam hati. Setelah itu, baca naskah dengan suara. Gunakan intonasi nada yang sama. Jika terasa kurang enak didengar, segera ubah kata-katanya.
  • Berikan penekanan seperti menebalkan huruf pada informasi yang Anda unggulkan, miringkan kata (italic) untuk setiap istilah yang menggunakan bahasa asing, dan sertakan artinya agar pembaca tidak bingung.

Demikianlah pembahasan tentang apa itu SEO copywriting dan bagaimana penerapannya. Jadi, Anda jangan asal menulis saja karena konten yang ditulis dengan baik tidak ada gunanya jika tidak ada yang membaca.