Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali Fungsi dan Jenis Pemasaran yang Ada di Indonesia

Kenali Fungsi dan Jenis Pemasaran yang Ada di Indonesia

Saat ingin memulai usaha, Anda tentu akan menemukan istilah pemasaran. Hanya saja, tidak banyak orang yang mengetahui sebenarnya apa fungsi dan jenis pemasaran tersebut. Padahal, di Indonesia sendiri sudah banyak orang yang menerapkan beberapa fungsi dan jenisnya secara langsung.

Mengenal Berbagai Fungsi Pemasaran

Dewasa ini, sebagian besar kalangan pemuda berkeinginan untuk terjun ke dalam bidang usaha. Namun, mereka masih belum memahami sepenuhnya mengenai pemasaran dan fungsinya. Jika Anda mengalami hal yang sama, maka ada baiknya untuk segera menyimak beberapa fungsi pemasaran berikut:

1. Tahap Pengenalan

Fungsi pemasaran yang paling utama adalah pengenalan produk. Jadi, Anda harus memperkenalkan produknya ke konsumen terlebih dahulu. Segala hal yang menyangkut dengan value produk perlu Anda jelaskan ke konsumen supaya mereka bisa mengerti dan menerima.

Sebagaimana kata pepatah, "tak kenal maka tak sayang". Itulah alasannya mengapa fungsi pemasaran ini memainkan peranan penting dalam bisnis. Coba bayangkan jika tidak melalui proses pemasaran, tentu saja produk Anda akan sulit dikenal oleh konsumen, bukan?

2. Proses Pertukaran

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa salah satu fungsi dari pemasaran adalah sebagai proses pertukaran. Awalnya, calon pembeli mendapatkan informasi mengenai produk. Setelah itu, pembeli menukarkan uang mereka dengan produk itu sendiri.

Nah, setiap pertukaran tersebut dapat membantu Anda dalam memperoleh keuntungan. Hal-hal semacam inilah yang terkadang tidak terpikirkan oleh sebagian pelaku bisnis. Jadi, mulai sekarang Anda mesti mengoptimalkan kegiatan pemasaran agar semakin banyak pertukaran yang terjadi.

3. Sebagai Proses Riset

Selain beberapa fungsi di atas, fungsi lain yang bisa Anda peroleh saat melakukan kegiatan pemasaran adalah proses riset. Artinya, pemasaran akan menjadi efektif jika Anda melakukan riset terlebih dahulu, baik itu secara online ataupun offline.

Proses riset akan membantu pelaku usaha untuk memperoleh informasi tentang target pasar. Lantas, apa saja yang umumnya menjadi bahan riset tersebut? Anda bisa memulainya dari jenis kelamin, usia, minat, kebutuhan, hingga pendapatan.

4. Distribusi Fisik

Pemasaran juga berfungsi untuk memastikan bahwa produk yang Anda jual dapat terdistribusi dengan baik. Dengan adanya pendistribusian, maka produk Anda akan lebih mudah dijangkau oleh konsumen sehingga penjualan pun akan semakin meningkat.

Apa Saja Jenis Pemasaran?

Setelah mengenal berbagai fungsi pemasaran, kini waktunya Anda mengenal juga apa saja jenis-jenisnya. Nah, bagi Anda yang belum tahu terkait jenis-jenis pemasaran, maka berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:

1. Word of Mouth Marketing

Word of mouth marketing merupakan jenis pemasaran yang terjadi secara alami. Pasalnya, produk Anda dibicarakan oleh satu orang, kemudian tersebar ke banyak orang. Dengan kata lain, produk Anda bisa dikenal oleh masyarakat luas melalui promosi dari mulut ke mulut.

Jenis yang satu ini tentu sudah sering terjadi di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu, word of mouth marketing dianggap sebagai strategi pemasaran yang paling jitu karena seseorang langsung mendengarkannya dari orang terdekat.

2. Relationship Marketing

Apakah Anda sudah pernah mendengar jenis yang satu ini? Relationship marketing adalah salah satu teknik pemasaran yang berupa jalinan hubungan yang kuat. Jadi, pemasaran ini lebih mengutamakan relationship dengan konsumen.

Relationship marketing juga terbilang sangat efektif untuk memasarkan produk. Sebab, kegiatan pemasaran tersebut membuat pembeli merasa senang dengan Anda, sehingga mereka mau membeli produk Anda berkali-kali.

3. Public Relation Marketing

Selain kedua jenis di atas terdapat pula yang namanya public relation marketing. Jenis pemasaran ini tidak kalah pentingnya bagi sebuah bisnis. Saat ini sudah banyak perusahaan yang memanfaatkan teknik pemasaran yang satu ini.

Adapun tujuan dari public relation marketing adalah untuk meningkatkan brand awareness. Tidak hanya itu, konsumen juga akan lebih mudah dalam memperoleh informasi tentang apa saja benefit yang mereka dapatkan.

4. Branding

Jenis pemasaran lainnya yang perlu Anda ketahui ialah branding. Setiap produk tentu memiliki target marketnya masing-masing, bukan? Maka dari itu, branding merupakan cara yang paling tepat agar seseorang dapat memasarkan produknya dalam jangka panjang.

Umumnya, branding diidentik dengan slogan, logo, dan nama perusahaan. Pastinya, keberadaan branding sangat cocok bagi mereka yang ingin mengembangkan usaha atau memperluas pengenalan perusahaan kepada masyarakat banyak.

Demikianlah pembahasan tentang kenali fungsi dan jenis pemasaran yang ada di Indonesia. Setiap jenis pemasaran penting untuk diketahui oleh seluruh pebisnis, terutama pemula. Dengan memahami hal ini, Anda akan mudah meningkatkan potensi penjualan produk.