Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Tepat Menjaga Kesehatan Baterai Ponsel Android

7 Cara Tepat Menjaga Kesehatan Baterai Ponsel Android

Di era serba teknologi seperti sekarang ini, siapa sih yang tidak memiliki ponsel pintar? Di Indonesia sendiri, Android lebih populer dibandingkan dengan sistem operasi lain. Jadi, bagi yang menggunakan ponsel tersebut, Anda harus mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan baterainya.

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Baterai Ponsel?

Perlu Anda ketahui, menjaga kesehatan baterai pada dasarnya sangatlah mudah. Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk merawat baterai ponsel tersebut. Nah, berikut ini adalah informasi selengkapnya mengenai 7 cara tepat menjaga kesehatan baterai ponsel Android:

1. Tutup Aplikasi yang Tidak Perlu

Saat menggunakan ponsel, tentu saja Anda akan membuka beragam jenis aplikasi. Hal itulah yang menyebabkan baterai lebih cepat habis dari biasanya secara tidak sadar. Jadi, Anda harus segera menutup aplikasi yang tidak perlu tersebut jika memang sudah selesai menggunakannya.

Pasalnya, aplikasi yang tidak Anda tutup tersebut akan tetap berjalan meski sudah tidak memakainya lagi. Oleh karena itu, apabila Anda sudah selesai menggunakan aplikasi tersebut maka sebaiknya segera menutup aplikasinya agar tidak boros.

2. Isi Baterai dengan Tepat

Selanjutnya, pastikan Anda mengisi baterai tersebut dengan cara yang tepat. Artinya, Anda jangan mengisinya secara sembarangan atau berlebihan. Tujuannya adalah supaya baterai ponsel Anda dapat bertahan lebih lama.

Selain itu, ada baiknya juga Anda memberikan jeda saat menggunakan ponsel. Dengan begitu, ponsel Anda akan dapat beristirahat dengan lebih baik. Kemudian, jangan lupa pula untuk mencabut charger-nya bila baterainya sudah penuh, ya!

3. Gunakan Charger Asli

Pada prinsipnya, charger mempunyai peran yang begitu penting mengenai kesehatan baterai. Ketika membeli ponsel, tentu Anda juga akan mendapatkan charger-nya secara bersamaan, bukan? Dengan begitu, pastikan Anda selalu memakai charger asli tersebut saat mengisi baterai ponsel.

Charger asli merupakan alat pengisi daya yang paling tepat untuk digunakan. Namun, terkadang usia charger-nya lebih singkat daripada ponsel itu sendiri. Nah, jika demikian, Anda perlu membeli kembali charger yang asli sesuai dengan bawaannya.

4. Hindari Pengisian Semalaman

Apakah Anda pernah mengisi baterai ponsel semalaman penuh? Jika iya, maka segera tinggalkan kebiasaan tersebut. Sebab, aktivitas semacam itu tidak baik bagi kesehatan baterai karena dapat menimbulkan daya masuk yang berlebihan.

Itulah alasannya mengapa Anda mesti menghindari pengisian semalaman. Tidak jarang juga didapati baterainya menjadi bengkak hingga meledak apabila pengisiannya terlalu berlebihan. Oleh sebab itu, tetap pantau jangka waktu pengisian baterai ponsel agar terjaga kesehatannya, ya!

5. Jangan Biarkan Lowbat

Lowbat atau keadaan baterai rendah tentu sering Anda alami ketika menggunakan ponsel. Akan tetapi, sangat penting untuk tidak membiarkan hal tersebut terjadi. Pasalnya, hal ini hanya akan menjadikan ponsel Anda berkurang dayanya, sehingga tidak baik bagi kesehatan ponsel.

Apabila Anda terus-terusan membiarkannya dalam keadaan lowbat, maka tentu saja baterai tersebut akan benar-benar habis nantinya. Dengan begitu, Anda dianjurkan untuk segera melakukan pengisian ulang jika daya baterainya sudah tinggal 20% lagi.

6. Aktifkan Mode Hemat Daya

Siapa sih yang tidak ingin daya baterai ponselnya lebih hemat? Kebanyakan orang tentu menginginkannya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengaktifkan mode hemat daya.

Tidak perlu khawatir mengenai hal itu karena dewasa ini sebagian besar ponsel sudah menyematkan fitur tersebut. Jadi, Anda hanya perlu mengaktifkannya saja tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan lainnya.

Mode hemat daya ini sendiri akan membantu baterai ponsel supaya lebih hemat dalam menyerap energi. Oleh karena itu, tidak heran jika baterai ponsel Anda dapat lebih hemat, sehingga waktu penggunaannya pun akan lebih lama.

7. Manfaatkan Mode Malam

Jika Anda ingin menggunakan ponsel dalam waktu semalaman tanpa perlu ketakutan habis baterai, maka jangan lupa untuk memanfaatkan mode malam. Tidak jauh berbeda dengan mode hemat daya, mode malam yang satu ini juga umumnya sudah tersemat dalam ponsel sejak membelinya.

Anda bisa menggunakan mode tersebut sehingga dapat mengubah background layar menjadi gelap. Jika Anda menggunakan fitur background layar cerah seperti biasanya, maka hal tersebut akan menyerap daya baterai yang lebih banyak.

Demikianlah pembahasan tentang 7 cara tepat menjaga kesehatan baterai ponsel Android. Dengan menerapkan berbagai cara tersebut, tentu saja Anda akan dapat menggunakan ponsel sepuasnya. Semoga ulasan ini bermanfaat buat Anda.