Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Kesalahan Memasarkan Produk yang Sudah Sering Terjadi

7 Kesalahan Memasarkan Produk yang Sudah Sering Terjadi

Mereka yang terjun ke dalam dunia pemasaran tentu sudah sering mempromosikan produk. Hanya saja, ada banyak kesalahan saat memasarkan produk yang tanpa disadari terus mereka lakukan. Tidak heran jika promosi tersebut kurang efektif dan membuat penjualan menjadi tidak maksimal.

Kenali Lebih Jauh Apa Itu Pemasaran

Pada dasarnya, pemasaran sangat penting dilakukan agar terjadinya penjualan. Pemasaran merupakan aktivitas terencana dari perusahaan atau penjual. Dengan kata lain, pemasaran sebagai usaha untuk memaksimalkan keuntungan lewat strategi penjualan yang efektif.

Tidak hanya itu, pemasaran juga termasuk sebagai salah satu aktivitas untuk mempromosikan produk maupun jasa. Tentu saja, kegiatan tersebut perlu Anda sesuaikan dengan target market. Hal ini agar nantinya perusahaan mendapatkan banyak penjualan karena target yang sesuai.

Berbagai Kesalahan Memasarkan Produk

Perlu Anda ketahui bahwa sejatinya proses pemasaran diibaratkan sebagai ujung tombak yang akan menentukan keberlangsungan suatu bisnis. Untuk itu, simak kesalahan berikut ini supaya Anda tidak menjalankannya secara asal-asalan:

1. Pesan Tidak Tersampaikan

Kesalahan pertama yang sering orang lakukan saat memasarkan produk adalah pesan promosi yang tidak sampai kepada pelanggannya. Kesalahan ini termasuk yang paling umum. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk memperhatikan pesan pemasaran.

Apabila materi pemasaran tersebut tidak tersampaikan dengan baik, maka tentu calon pelanggan akan sulit untuk tertarik. Jika perlu, gunakan bahasa yang mudah orang pahami. Dengan begitu, pelanggan dapat lebih yakin dan tergerak untuk melakukan pembelian.

2. Salah Memilih Waktu

Ketika memilih waktu untuk melakukan pemasaran, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pasalnya, jika pemasaran tersebut dilakukan pada waktu yang tidak tepat tentu akan menyebabkan penjualan yang kurang efektif dan maksimal.

Itulah mengapa waktu yang tepat sangat penting untuk diperhatikan. Dengan begitu, hasil atau keuntungan yang akan Anda peroleh pun akan jauh lebih banyak. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memperhatikan timing pemasaran produk tersebut, ya!

3. Teknik Pemasaran Salah

Pada dasarnya, tidak ada teknik pemasaran yang sempurna, meskipun pemasaran tersebut dibuat oleh ahlinya sekalipun. Jadi, Anda tidak perlu malu untuk mengakui bahwa teknik pemasaran yang Anda lakukan selama ini adalah salah.

Namun demikian, Anda bisa menyontek berbagai cara yang telah diterapkan oleh lazimnya pebisnis masa kini. Lantas, seperti apa saja contoh dari teknik pemasaran tersebut? Nah, Anda bisa menggunakan teknik price discount, product bundling, dan content marketing.

4. Mengandalkan Satu Media

Ketika ingin mempromosikan produk, Anda harus mempersiapkannya dengan maksimal. Jangan sampai Anda hanya mengandalkan satu media saja. Pasalnya, banyak media yang sejauh ini sudah menyediakan layanan untuk kegiatan pemasaran, seperti marketplace, social media, dan website.

5. Kurang Komunikasi

Kesalahan lainnya saat memasarkan sebuah produk adalah kurangnya komunikasi dengan konsumen. Kesalahan yang satu ini tentu akan berdampak langsung pada tingkat konversi penjualan. Maka dari itu, tidak heran jika seseorang mengalami penurunan penjualan hanya karena kurangnya berkomunikasi.

6. Kurang Up to Date

Ketika Anda ingin menjalankan sebuah usaha, kegiatan pemasaran memang sangat penting agar produk dapat terjual dengan jumlah yang banyak. Namun, kebanyakan penjual kurang memahami dan menyadari apa saja kesalahan yang mereka lakukan saat memasarkan produk tersebut.

Salah satunya ialah data yang diperoleh tidak up to date. Ini bisa menjadi sebuah alasan mengapa pemasaran selalu kurang efektif, bahkan gagal. Sebab, jika data yang Anda gunakan kurang akurat, maka aktivitas pemasaran juga akan kurang optimal.

7. Tidak Melakukan Evaluasi

Semakin berjalannya waktu, sebuah usaha tentu memerlukan lebih banyak aktivitas pemasaran, walaupun usaha tersebut masih dalam skala kecil. Tanpa pemasaran akan sulit bagi suatu usaha untuk berkembang, terlebih di zaman seperti sekarang ini.

Hanya saja, kebanyakan orang yang melakukan kegiatan pemasaran tidak mengevaluasinya sama sekali. Padahal, evaluasi dapat membantu memasarkan produk supaya lebih maksimal lagi kedepannya. Oleh sebab itu, pastikan untuk terus melakukan evaluasi pemasaran, ya!

Demikianlah informasi tentang 7 kesalahan memasarkan produk yang sudah sering terjadi. Nah, dengan adanya pembahasan semacam ini, Anda dapat belajar dari berbagai kesalahan tersebut agar tidak terulangi kembali.