Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Kesalahan Investasi Emas yang Wajib Anda Ketahui

Berbagai Kesalahan Investasi Emas yang Wajib Anda Ketahui

Kebanyakan orang mengatakan bahwa jenis investasi yang cukup menguntungkan adalah emas. Hal tersebut tidak lain karena emas dinobatkan sebagai instrumen investasi yang lebih mudah terjual. Hanya saja, Anda tetap perlu memperhatikan kesalahan investasi emas.

Apa Saja Kesalahan Investasi Emas?

Pada dasarnya, emas merupakan salah satu bentuk investasi yang minim resiko, aman, dan mudah pelaksanaannya. Dalam jangka panjang, harga emas pun cenderung meningkat sehingga tidak heran jika banyak orang memilihnya untuk berinvestasi.

Meskipun begitu, Anda harus mengenali beberapa kesalahan dalam berinvestasi emas yang harus dihindari demi memperoleh keuntungan maksimal. Nah, berikut ini adalah berbagai kesalahan investasi emas yang wajib Anda ketahui:

1. Salah Menentukan Tujuan

Apabila Anda ingin berinvestasi dalam bentuk emas, maka hal tersebut merupakan pilihan yang tepat. Hanya saja, Anda mesti menentukan tujuannya dengan baik dan benar. Adapun tujuannya secara umum ialah memperoleh keuntungan di masa depan.

Dalam hal ini, Anda bisa memilih emas batangan sebagai bentuk investasi terbaik. Pasalnya, emas jenis tersebut tidak akan membebankan biaya pembuatan ketika nanti menjualnya lagi. Pastikan juga memilih emas batangan yang sudah menyediakan sertifikat Antam agar terjamin kualitasnya, ya!

2. Asal-asalan Membeli Emas

Berinvestasi dalam bentuk emas memang tidak ada salahnya. Hanya saja, Anda harus memilih emas dengan pertimbangan yang tepat, jangan sampai membelinya secara asal-asalan. Sebab, hal tersebut bisa saja membuat Anda rugi.

Sebagai rekomendasi, pilih saja emas dalam bentuk batangan! Emas batangan merupakan emas murni yang tidak menyertakan campuran lainnya. Selain itu, pastikan juga Anda memilih emas dengan kadar tinggi sehingga nanti lebih mudah menjualnya.

3. Tidak Membandingkan Harga

Jangan terburu-buru ketika ingin membeli emas karena ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan. Salah satunya adalah dengan membandingkan antara harga pada satu tempat dan tempat lainnya agar nantinya Anda bisa mendapatkan harga terbaik.

Setiap penjual tentu menawarkan harga jual emas yang berbeda satu sama lainnya. Itulah mengapa alasannya Anda harus membandingkan harga beli emas terlebih dahulu untuk menghindari kerugian. Sebagai patokan, sebaiknya Anda mengecek harga standar emas yang ada di pasaran saat ini.

4. Tidak Menyiapkan Dana Darurat

Bagi mereka yang masih tergolong investor pemula, umumnya cenderung membeli emas dalam jumlah yang banyak. Maka dari itu, tidak heran jika tabungan mereka habis dalam waktu seketika sehingga tidak memiliki yang namanya dana darurat.

Jika tidak memiliki dana darurat, maka Anda akan lebih sulit untuk memenuhi kebutuhan yang bisa terjadi secara mendadak, seperti sakit, kecelakaan, dan sebagainya. Untuk itu, pastikan tetap menyisihkan dana darurat, ya!

Tips Investasi Emas agar Lebih Menguntungkan

Setelah mengetahui beberapa kesalahan dalam investasi emas, ada baiknya Anda mengetahui pula bagaimana tips investasi emas agar lebih banyak mendapat keuntungan. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda simak:

1. Pastikan Tujuannya Jelas

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika ingin berinvestasi emas ialah memastikan terlebih dahulu tujuannya dengan jelas. Untuk menentukan tujuan tersebut, Anda perlu memikirkan apa yang hendak dicapai dalam 10 tahun ke depan, apakah ingin pensiun dini atau membeli rumah secara cash.

2. Pantau Harga Emas

Selanjutnya, Anda harus sering-sering memantau dan mengecek harga emas. Lakukan hal tersebut secara berkala agar nantinya Anda tidak terlalu membuang-buang uang hanya untuk langsung membelinya dalam jumlah yang banyak.

Tips yang satu ini sangat penting supaya investasi sejalan dengan tujuan, apalagi pengecekan harga emas saat ini sangat mudah untuk Anda lakukan. Anda bisa mengetahui harganya di internet sehingga tidak perlu lagi datang ke toko emas.

3. Beli di Tempat Terpercaya

Terakhir, pastikan bahwa Anda membeli emas di tempat terpercaya. Lantas, bagaimana cara mengetahuinya? Salah satu caranya adalah dengan mengecek dahulu seperti apa rekam jejak tempat jual emas tersebut.

Dengan memperhatikan tempat pembelian emas, Anda akan lebih mudah mendapatkan emas yang berkualitas. Selain itu, Anda pun akan lebih nyaman ketika ingin berinvestasi kapan saja sesuai keinginan.

Demikianlah pembahasan tentang berbagai kesalahan investasi emas yang wajib Anda ketahui. Setelah mengetahui berbagai kesalahan tersebut, sekarang Anda sudah bisa bernafas lega untuk langsung memulai investasi emas, bukan?