Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pebisnis Milenial Menjamur, Berikut 6 Peluang Bisnis bagi Anak Muda

Pebisnis Milennial Menjamur, Berikut 6 Peluang Bisnis bagi Anak Muda

Saat ini, mencari pekerjaan memang sulit bagi sebagian orang, terutama kalangan anak muda yang baru saja menyelesaikan pendidikannya. Mengenai hal ini, sebaiknya Anda memulai bisnis meskipun dengan modal yang seadanya.

6 Peluang Bisnis bagi Anak Muda

Bagi Anda yang sejauh ini masih belum memiliki pendapatan tetap, memilih untuk membuka bisnis sendiri bukanlah pilihan yang salah. Berikut ini adalah ulasan terkait enam peluang bisnis yang cocok untuk anak muda:

1. Thrift Shop

Thrift Shop merupakan bentuk usaha yang menjual produk bekas, baik dari dalam negeri maupun luar negeri dengan kondisi masih layak pakai. Contohnya yaitu seperti celana, baju, tas, dan sepatu. Biasanya, bisnis ini bisa Anda mulai dengan penjualan karungan.

Umumnya, satu karung pakaian berisikan dengan 50 hingga 100 pakaian secara acak yang memiliki nilai jual sekitar satu juta rupiah. Seluruh baju tersebut masih dalam keadaan bagus meskipun beberapa di antaranya juga terdapat kecacatan.

2. Warung Kopi

Warung kopi kini telah ramai digeluti oleh para milenial. Jumlah kunjungannya pun tidak tanggung-tanggung karena kebanyakan kalangan muda memang kerap nongkrong di kedai kopi, apakah itu untuk mengerjakan tugas ataupun hanya sekedar berkumpul bersama rekannya.

Usaha ini akan terasa menyenangkan jika Anda juga suka dengan minuman kopi. Untuk memulainya, Anda tidak perlu modal yang besar. Namun, Anda harus memfasilitasi Wi-Fi gratis supaya pelanggan betah berlama-lama.

3. Laundry Pakaian dan Sepatu

Akhir-akhir ini, bisnis laundry sangat menjanjikan bila Anda membukanya di lokasi strategis, misalnya dekat dengan pemukiman. Anda juga bisa memilih tempatnya di area kampus atau perkantoran. Anda tidak perlu khawatir karena mereka pasti memerlukan jasa ini.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuka usaha laundry, siapkan terlebih dahulu peralatan yang berkualitas demi memberikan pelayanan yang professional kepada pelanggan. Di awal-awal, Anda mesti melakukan promosi kepada warga sekitar agar mereka tahu.

4. Cuci Kendaraan

Bisnis cuci kendaraan pun tidak kalah menjanjikan. Sejauh ini, jumlah kendaraan bermotor terus tumbuh begitu saja, bahkan mencapai setengah dari populasi penduduk Indonesia sendiri. Dengan begitu, pemiliknya tentu memiliki kewajiban untuk mencucinya.

Terkadang, mereka enggan untuk mencucinya sendiri karena berbagai alasan, sehingga mereka pun akhirnya memilih untuk menggunakan jasa cuci kendaraan. Hal ini tentu menjadi peluang bisnis bagi Anda.

5. Roti dan Aneka Kue

Dewasa ini, sebagian anak muda memiliki hobi memasak yang kemudian dijadikan sebagai bisnis. Salah satunya yaitu menjual roti dan aneka kue hasil buatan sendiri. Saat ini, permintaan akan kue basah termasuk tinggi sehingga tidak ada salahnya untuk dijalankan.

Memulai bisnis roti dan aneka kue sebenarnya tidak selalu membutuhkan modal besar. Anda dapat memulainya dengan menerima pesanan dari pelanggan hingga akhirnya membuatnya setiap hari. Jangan lupa juga untuk selalu memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai media pemasaran, ya!

6. Membuka Jasa Desain Grafis

Bagi yang mempunyai keterampilan di bidang desain grafis, Anda bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk penghasilan tambahan. Caranya adalah dengan membuka jasa pembuatan berbagai desain pemasaran, seperti brosur, banner, dan lain-lainnya.

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda hanya mengandalkan kemampuan beserta dengan perangkat pendukungnya, seperti komputer, laptop, dan handphone. Tentu saja keterampilan semacam ini tidak dimiliki oleh semua orang, bukan?

Demikianlah penjelasan terkait enam peluang bisnis bagi anak muda. Keenam peluang tersebut dapat Anda jadikan sebagai referensi, mengingat persaingan di dunia pekerjaan saat ini memang sangat ketat. Dengan begitu, Anda diharuskan untuk mampu berfikir kreatif agar bisa bersaing di era globalisasi.