Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengelola Keuangan dari Gaji UMR agar Lebih Hemat

Tips Mengelola Keuangan dari Gaji UMR agar Lebih Hemat

Setiap orang pasti ingin segala kebutuhannya terpenuhi. Hal ini bisa dinikmati jika Anda lebih hemat. Sayangnya, banyak orang yang bergaji UMR masih belum mampu mengelola keuangannya dengan baik, sehingga mereka harus berhutang demi memenuhi kebutuhan hidup.

Perlu Anda ketahui bahwa mengatur keuangan merupakan hal yang sangat penting demi mewujudkan kestabilan ekonomi. Oleh karena itu, berikut ini adalah tips mengelola keuangan dari gaji UMR agar lebih hemat:

1. Buat Anggaran

Bagi Anda yang ingin hidup lebih hemat dari gaji UMR maka sangat penting untuk membuat anggaran. Anggaran tersebut nantinya akan memudahkan Anda dalam mengatur keuangan. Anda bisa mengaturnya berdasarkan pengeluaran harian, mingguan, hingga bulanan.

Kemudian, Anda juga perlu mengelompokkan kebutuhan berdasarkan prioritas, misalnya biaya pengeluaran transportasi, minum, makan, make up, dan sebagainya. Semakin rinci anggarannya maka makin bagus pula kondisi keuangan Anda.

2. Buat Catatan Keuangan

Tips lain yang bisa Anda terapkan adalah dengan membuat catatan keuangan. Jadi, Anda harus mencatat berapa pemasukan dan pengeluarannya. Tujuannya tidak lain supaya Anda lebih mudah dalam mengatur keuangan.

Lantas, apa saja manfaat dari proses pencatatan tersebut? Anda akan mengetahui bagaimana detail keuangan saat itu secara real time. Dengan begitu, Anda akan lebih gampang untuk menghemat pengeluaran.

3. Hemat Pengeluaran Bulanan

Selanjutnya, Anda perlu memastikan untuk menghemat pengeluaran bulanan. Cara ini tentu tidak kalah efektifnya dibandingkan dengan yang lain. Bahkan, uang hasil penghematan tersebut dapat Anda gunakan untuk hal lainnya, seperti menabung, investasi, dan membayar cicilan.

4. Hemat Biaya Transportasi

Apabila Anda ingin lebih banyak menghemat uang dari gaji UMR, maka pastikan juga untuk menerapkan beberapa hal yang membantu mewujudkan penghematan tersebut. Salah satunya adalah dengan menghemat biaya transportasi.

Lantas, apa saja contoh dari hemat biaya transportasi tersebut? Nah, Anda bisa mengajak teman kantor untuk berangkat bersama. Dengan begitu, Anda akan lebih hemat biaya bahan bakar. Namun, jangan sering-sering melakukan cara ini agar Anda tidak dianggap menyusahkan orang lain.

5. Hemat Biaya Makan

Hal ini tentu sudah sering Anda lakukan, baik secara sadar ataupun tidak. Pada dasarnya, biaya makan memang dapat membuat seseorang lebih boros atau lebih hemat. Semua itu tergantung pada komitmen orang tersebut, apakah ingin menghemat biaya makan atau tidak.

Apabila Anda para pekerja dengan gaji UMR, maka tidak ada salahnya untuk sesekali menghemat biaya makan. Dengan begitu, Anda dapat menabung biaya tersebut untuk masa depan. Jika melakukannya secara rutin, tentu saja Anda akan lebih mudah dalam menghemat pengeluaran.

6. Hemat Biaya Listrik

Akhir-akhir ini, sebagian besar orang bersikap acuh tak acuh dengan konsumsi listrik mereka, terlebih bagi mereka yang tinggal di kota. Semestinya, mereka ini lebih peka terhadap biaya listrik yang terus mengalami kenaikan.

Lantas, bagaimana caranya untuk menghemat biaya listrik tersebut? Pada dasarnya, ada banyak hal yang bisa Anda terapkan ketika ingin menghemat biaya listrik. Untuk menghematnya, Anda perlu mencabut perangkat elektronik yang sudah tidak digunakan dan menggunakan lampu hemat energi.

7. Kurangi Mengikuti Tren

Tahukah Anda? Ada banyak orang yang bekerja dengan gaji UMR tetapi gaya hidupnya seolah-olah berpenghasilan miliaran per bulan. Mereka selalu mengikuti tren, sehingga kebanyakan uangnya habis digunakan hanya untuk memenuhi keinginan tersebut.

Nah, bagi Anda yang sudah terlanjur adiktif dengan kebiasaan buruk semacam itu maka perlu dikurangi. Sebenarnya, tidak salah jika Anda mengikuti tren masa kini, asalkan tidak berlebihan. Jadi, Anda tidak harus selalu mengikuti tren supaya pengeluarannya tidak semakin membengkak.

8. Hidup Sederhana

Ketika Anda memutuskan untuk mengelola keuangan agar lebih tertata rapi dan tidak mudah boros, maka salah satu caranya adalah dengan mulai hidup sederhana. Dengan menerapkan hidup yang sederhana, tentu saja Anda dapat mengontrol pengeluaran dengan lebih baik.

Adapun beberapa kebiasaan yang menjadikan seseorang hidup tidak sederhana adalah membeli barang yang kurang penting, baik itu sepatu, tas, maupun baju. Tidak hanya itu, hidup boros juga bisa berasal dari hal lain, seperti jalan-jalan yang menghabiskan banyak uang dan nongkrong di cafe.

Demikianlah pembahasan tentang tips mengelola keuangan dari gaji UMR agar lebih hemat. Dengan memperhatikan berbagai tips tersebut, Anda akan lebih mudah menabung untuk keperluan yang jauh lebih penting sesuai kebutuhan utama.