Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Jitu Berhemat, Pangkas Pengeluaran yang Tidak Perlu

Cara Jitu Berhemat, Pangkas Pengeluaran yang Tidak Perlu

Perilaku tiap individu yang cenderung konsumtif memang membuat mereka akhirnya kurang bisa berhemat. Tentu saja kebiasaan semacam ini mengakibatkan pengelolaan keuangan seseorang menjadi tidak begitu optimal.

Mengelola keuangan dengan bijak mungkin sulit untuk dilakukan. Pasalnya, beberapa orang merasa sukar untuk menyisihkan sebagian penghasilan mereka. Oleh karena itu, berikut ini adalah cara jitu berhemat:

1. Memasukkan Bonus ke Uang Tabungan

Bagi Anda yang bekerja di perusahaan pasti pernah merasakan bonus, bukan? Hal tersebut bisa berupa bonus tahunan, bonus prestasi, bonus tantiem, dan bonus retensi. Dengan adanya bonus tersebut, berarti Anda telah memperoleh sejumlah pendapatan tambahan di luar gaji pokok.

Ketika mendapatkan bonus dari perusahaan, sebaiknya Anda bersegera menaruhnya ke dalam rekening untuk ditabung. Sebab, jika Anda mengantonginya maka kemungkinan besar uang tersebut akan digunakan untuk hal-hal yang tidak perlu.

2. Membuat Masakan Sendiri di Rumah

Setelah menjalani rangkaian kegiatan yang melelahkan, mungkin Anda tidak sanggup untuk memasak. Ini merupakan hal yang wajar saja, asalkan Anda tidak membiasakannya secara terus-menerus. Daripada setiap hari membeli makanan, alangkah baiknya Anda memasaknya sendiri di rumah.

Dengan begitu, Anda akan memiliki makanan yang siap untuk dimakan saat jam istirahat kerja. Semakin sering Anda membawa bekal ke kantor, maka tentu saja itu akan semakin bagus. Pasalnya, cara ini sangat membantu Anda untuk berhemat.

3. Menentukan Batas Belanjaan

Membuat daftar belanjaan sebelum Anda pergi belanja memang penting. Namun, lebih baiknya lagi apabila Anda menentukan batas pengeluarannya. Dengan cara ini, Anda akan terhindar dari sifat impulsif saat membeli barang.

Jadi, sebuah daftar kecil belanjaan akan membantu Anda ketika membeli kebutuhan sekaligus mengurangi pengeluaran yang tidak penting. Mulai sekarang, cobalah membuat daftar belanja agar terhindar dari godaan untuk membeli sesuatu yang tidak penting, ya!

4. Menjual Barang yang Tidak Perlu

Sesekali Anda juga perlu untuk memeriksa lemari dan mengeluarkan barang yang sudah tidak digunakan lagi. Sekiranya jika masih berfungsi dengan baik dan layak pakai, maka lebih baik menjualnya karena Anda akan mendapatkan keuntungan meskipun tidak seberapa.

Selain itu, rumah pun akan tampak kotor gara-gara tumpukan barang bekas di mana-mana. Ketimbang dibuang, bukankah semestinya Anda bisa menghasilkan uang dari barang tersebut? Kemudian, uangnya dapat Anda masukkan ke dalam tabungan.

5. Pembatalan Tagihan Jika Tidak Perlu

Sejauh ini tidak sedikit orang yang rela menghabiskan uangnya ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk berlangganan aplikasi berbayar, seperti netflix, gym, spotify, viu, youtube, dan sebagainya. Padahal, biaya langganan ini begitu mahal dan rasanya mustahil digunakan semuanya dengan sama rata.

Sebenarnya, Anda dapat dengan mudah melupakan tagihan bulanan yang berulang secara otomatis. Jika Anda memiliki kartu keanggotaan gym tetapi hampir tidak pernah menggunakannya, maka inilah waktunya untuk membatalkannya.

6. Memanfaatkan Aplikasi Penganggaran

Terakhir, Anda bisa menggunakan aplikasi penganggaran. Tujuannya adalah untuk mengontrol segala pengeluaran. Aplikasi tersebut tersedia cukup banyak di PlayStore atau App Store, sehingga Anda dapat mencarinya dengan mudah.

Tak ayal, beberapa aplikasi penganggaran mampu melacak pengeluaran Anda dalam jangka waktu tertentu, mulai dari mingguan hingga bulanan. Harapannya, para pengguna bisa melakukan evaluasi demi menekan segala pembelian barang yang tidak perlu.

Demikianlah pembahasan tentang "cara jitu berhemat dengan memangkas pengeluaran yang tidak perlu". Keenam tips tersebut dapat Anda terapkan agar lebih berhati-hati dalam mengeluarkan biaya demi keperluan yang kurang begitu penting.