Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ide Bisnis Rumahan yang Paling Menguntungkan di Masa Pandemi

Ide Bisnis Rumahan yang Paling Menguntungkan di Masa Pandemi

Saat ini, membuka bisnis rumahan adalah langkah bagi sebagian besar orang demi mendapatkan uang tambahan. Untuk tetap bisa bertahan menghadapi perputaran ekonomi yang berubah begitu cepat, Anda harus mulai membangun bisnis sederhana di rumah dengan modal yang seadanya.

Nah, apakah Anda berminat untuk memulai bisnis rumahan dengan modal yang sedikit? Jika jawabannya adalah iya, maka berikut ini merupakan ide bisnis rumahan yang paling menguntungkan di masa pandemi:

1. Agen Pembayaran Elektronik

Di zaman yang cukup canggih ini, hampir semua jenis pembayaran menggunakan alat elektronik. Hal tersebut tentunya akan memudahkan banyak orang dalam melakukan berbagai transaksi. Oleh karena itu, peluang ini cukup menjanjikan untuk dijadikan sebagai bisnis tambahan.

Nah, Anda dapat membuka jasa pembayaran elektronik untuk beragam jenis transaksi digital, seperti transfer uang antarbank, top up dompet digital, dan sebagainya. Dengan hanya bermodalkan smartphone atau laptop, Anda sudah bisa menjadi jutawan melalui bisnis agen pembayaran ini.

2. Agen Pulsa Elektrik dan Paket Internet

Sejauh ini, pulsa dan paket internet merupakan kebutuhan yang wajib untuk dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan begitu, sangat disayangkan jika Anda melewatkan peluang pasar yang cukup menjanjikan ini begitu saja, bukan?

Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk ide bisnis rumahan modal kecil yang satu ini. Dengan modal sekitar ratusan ribu saja, Anda sudah bisa menjadi agen pulsa dan paket internet. Di samping itu, Anda juga dapat menjual aksesoris HP secara bersamaan.

3. Bisnis Dropship

Belakangan ini, bisnis yang menggunakan sistem dropship cukup ramai dibicarakan. Sebab, setiap orang bisa menjalankan bisnis tersebut hanya dengan modal kecil, bahkan tanpa modal. Tidak hanya itu, bisnis dropship juga menawarkan fleksibilitas, sehingga Anda tidak perlu keluar rumah.

Sebelum memulainya, Anda harus memilih supplier yang pas. Caranya adalah dengan melakukan uji coba pembelian supaya Anda bisa yakin dengan kualitas barang dan pelayanan yang mereka tawarkan. Selanjutnya, Anda tinggal menentukan salah satu dari banyak marketplace yang ada di Indonesia.

4. Bisnis Makanan atau Minuman

Bisnis makanan dan minuman merupakan salah satu jenis bisnis yang tidak akan pernah mati. Alasannya tidak lain karena makanan dan minuman adalah kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh manusia setiap harinya.

Jika Anda memiliki keahlian memasak, maka sangat disarankan untuk mencoba ide bisnis ini. Anda dapat mencoba untuk membuat produk makanan atau minuman yang sedang populer saat ini, seperti roti toping cokelat meisjes, dalgona coffee, dan pie susu teflon.

5. Jasa Cuci Sepatu

Jasa cuci sepatu tidak kalah menarik dibandingkan dengan ide bisnis yang sebelum-sebelumnya. Pasalnya, ide bisnis rumahan dengan modal kecil tersebut hanya memerlukan alat pembersih dan jasa pengiriman barang.

Selain sepatu, Anda pun sebenarnya bisa menambahkan barang lain yang bisa dicuci, seperti tas, sofa, dan lain-lainnya. Untuk menambah minat pasar, sebaiknya Anda menggunakan strategi promosi melalui sosial media.

6. Jasa Editing Video atau Desain Grafis

Bagi Anda yang memiliki skill editing yang bagus, ide bisnis rumahan ini patut untuk dicoba. Di era teknologi sekarang, kemampuan editing sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan, apakah itu video ataupun desain grafis.

Anda hanya perlu mempromosikan karya yang sudah pernah dibuat sebelumnya lewat platform sosial media. Di samping itu, Anda juga bisa mencari lowongan freelance untuk jasa desain grafis atau editing video di internet.

7. Jasa Rental Barang

Dewasa ini, berbagai perlengkapan elektronik seperti smartphone, kamera digital, dan laptop dapat disewakan. Tentunya, ini merupakan peluang bisnis bagi Anda yang memiliki barang-barang tersebut di rumah.

Bagi kebanyakan orang, harga beli barang-barang di atas relatif mahal, apalagi bila digunakan hanya untuk pada saat-saat tertentu saja. Dengan adanya sistem sewa, konsumen dapat menggunakan barang mewah tersebut dengan harga yang jauh lebih murah.

8. Jasa Jahit Pakaian

Apakah Anda memiliki hobi menjahit? Jika iya, maka Anda dapat menjadikan hobi itu sebagai salah satu lahan pemasukan tambahan. Anda bisa mengawalinya dengan menawarkan jasa merapikan pakaian, seperti mengecilkan ukuran baju dan memotong ujung celana.

Apabila langganan Anda sudah banyak, maka kemudian tawarkan jasa yang lebih rumit lagi, seperti membuat baju seragam kerja, baju couple pasangan, dan kerajinan tekstil lainnya. Untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, Anda tidak boleh meleset dari waktu yang telah disepakati dengan mereka.

9. Jasa Kado dan Buket Bunga

Akhir-akhir ini, sebagian besar orang sangat menyukai hal-hal yang berbau estetik dan elegan. Nah, bagi yang tertarik dengan bisnis buket bunga, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu terkait jenis-jenis bunga yang layak dijadikan sebagai karangan bunga terbaik.

Dengan begitu, Anda akan memulainya dengan persiapan yang matang. Mengenai keuntungannya, bisnis ini tidak perlu diragukan lagi. Sebab, umumnya warga Indonesia menjadikan buket bunga sebagai hadiah atau kado untuk orang lain, khususnya orang tersayang.

Demikianlah pembahasan tentang ide bisnis rumahan yang paling menguntungkan di masa pandemi. Ide bisnis tersebut dapat Anda jalankan dengan modal kecil atau seadanya. Nah, dari sembilan ide di atas, ide bisnis rumahan modal kecil mana yang ingin Anda coba?