Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peluang Menjanjikan Bisnis Frozen Food ala Rumahan

Peluang Menjanjikan Bisnis Frozen Food ala Rumahan

Di masa pandemi ini, banyak orang mulai mencoba bisnis ala rumahan karena peluangnya yang menjanjikan. Salah satunya adalah bisnis frozen food. Namun, sebaiknya Anda mengenal lebih jauh tentang produk tersebut sebelum menjalankannya.

Info Produk

Frozen food hadir untuk mempermudah kegiatan masak-memasak, sehingga tak jarang makanan beku menjadi andalan para orang tua saat anak-anak jenuh dengan menu yang itu-itu saja. Berdasarkan fungsinya, frozen food memiliki beberapa jenis, yaitu:

1. Siap Masak

Jenis frozen food satu ini adalah makanan yang penyajiannya praktis dan simpel. Jika konsumen ingin menyantapnya, maka mereka hanya perlu menggoreng, rebus, atau kukus saja. Adapun makanan yang termasuk ke dalam kategori ini yaitu nugget, sosis, dan dimsum.

2. Siap Santap

Frozen food siap santap jauh lebih praktis daripada jenis yang sebelumnya. Sebab, konsumen tidak perlu repot memasaknya. Mereka bisa langsung menyantapnya setelah dihangatkan dalam microwave atau rice cooker, seperti sapi lada hitam, ayam rica-rica, dan kebab.

3. Siap Olah

Bagi beberapa orang mungkin merasa jijik membersihkan daging mentah, seperti seafood, sapi, dan ayam. Bahkan, ada juga yang tidak mengerti bagaimana cara membersihkannya. Nah, frozen food siap olah adalah jalan keluarnya.

4. Sayur dan Buah

Menurut penelitian yang dilakukan di Jepang, kandungan vitamin C di dalam sayur dan buah beku jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang segar. Namun, sayur dan buah (buncis, jagung, dan pisang) yang dibekukan hanya dapat bertahan selama satu hingga dua bulan saja di freezer.
 
Target Konsumen

Biasanya, kegiatan masak-memasak dilakukan oleh istri atau ibu. Oleh karena itu, frozen food ditargetkan bagi para wanita yang sudah berumah tangga. Mereka pastinya akan sangat terbantu dengan adanya produk frozen food ala rumahan.

Selain itu, anak kos juga erat kaitannya dengan frozen food karena instan dan cukup mudah untuk diolah. Dengan begitu, produk tersebut dapat menjadi solusi pada saat lapar di tengah padatnya jadwal kuliah atau kerja mereka.

Menentukan Pembuatan Frozen Food

Dalam hal ini, Anda dapat memilih apakah ingin membuat frozen food sendiri atau mencari supplier-nya. Apabila Anda lebih memilih untuk membuatnya sendiri, maka hal-hal berikut ini perlu diperhatikan:
  • Pastikan rasanya pas di lidah.
  • Memperhitungkan alat dan bahan yang akan digunakan setiap harinya.
  • Mencari metode pengemasan terbaik untuk produknya.

Sementara itu, bagi yang tidak mampu membuat frozen food sendiri, Anda harus mencari supplier yang dapat diandalkan untuk bisnis tersebut. Nah, berikut ini merupakan cara mendapatkan supplier terbaik yang perlu Anda perhatikan:
  • Cari supplier bisnis frozen food yang mengizinkan sistem dropship. Anda akan jauh lebih diuntungkan dengan sistem ini karena tidak perlu menyetok produk secara besar-besaran di rumah Anda. Supplier akan langsung mengirim produk ke konsumen sesuai pesanan dengan menggunakan nama bisnis Anda.
  • Lihat ulasan produk supplier di marketplace atau sosial media. Hal ini penting untuk melihat, apakah produk yang dijual oleh supplier memiliki kualitas yang bagus atau tidak.
  • Beli satu dari semua jenis produk supplier yang sekiranya ingin Anda pasarkan. Dengan mencoba dan mencicipi langsung, tentu Anda akan lebih yakin lagi dengan kualitas produknya.

Strategi Pemasaran

Mengenai strategi pemasarannya, Anda dapat memakai dua metode untuk memasarkan produk frozen food ke konsumen, yakni sebagai berikut:
  • Pertama, Anda dapat menawarkan secara langsung ke target konsumen Anda. Cara ini cukup efektif karena Anda bisa meyakinkan konsumen untuk membeli produk secara langsung. Cara ini layak digunakan bagi Anda yang memiliki banyak kenalan dari kalangan target konsumen.
  • Kedua, menggunakan sosial media sebagai alat bantu promosi. Anda dapat membuat akun sosial media yang dikhususkan untuk berjualan frozen food. Cara ini digunakan untuk memperluas jangkauan konsumen produk frozen food Anda.

Keuntungan Bisnis Frozen Food

Anda tidak perlu ragu untuk memulai bisnis ini karena ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menjalaninya. Untuk lebih lengkapnya sehubungan dengan hal tersebut bisa Anda simak di bawah ini:

1. Minat Pasar yang Cukup Besar

Gaya hidup praktis dan sehat kini makin menjamur di kalangan masyarakat. Hal ini menyebabkan frozen food yang cukup instan dan tahan lama memiliki minat pasar yang luar biasa tinggi, terutama bagi beberapa jenis frozen food yang mengklaim tidak mengandung MSG dan pengawet.

Selain itu, pandemi yang masih berlangsung juga meningkatkan minat pasar terhadap frozen food. Selama pandemi, tentunya masyarakat akan mengurangi aktivitas di luar rumah, sehingga mereka akan cenderung membeli makanan dengan masa kadaluarsa lebih lama, seperti frozen food.

2. Modal yang Kecil

Bagi yang tertarik dengan sistem dropship, Anda bahkan dapat memulai bisnis ini hanya dengan nol rupiah saja. Tentunya dengan catatan bahwa Anda sudah menemukan supplier yang tepat dan terpercaya.

Sementara bagi yang ingin memproduksi sendiri, di awal-awal sebaiknya Anda memproduksi frozen food dengan jumlah yang secukupnya. Hal ini bertujuan agar Anda dapat meminimalisir kerugian apabila langsung memproduksinya dalam jumlah yang besar.
 
Dari beragam peluang yang menjanjikan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai bisnis ini, yaitu:
  1. Sesuaikan modal awal bisnis dengan budget yang Anda miliki.
  2. Gunakan media sosial untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Demikianlah pembahasan tentang peluang menjanjikan bisnis frozen food ala rumahan. Sejauh ini, Anda telah mengetahui banyak hal terkait bisnis frozen food. Nah, apakah sekarang bisnis frozen food ala rumahan yang memiliki peluang menjanjikan ini layak untuk Anda coba?
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Your time is limited, so don't waste it living someone else's life - Steve Jobs
 Billionaire Coach