Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Memasarkan Produk yang Unik dan Menarik

7 Cara Memasarkan Produk yang Unik dan Menarik

Bagi Anda yang sedang merintis usaha, memahami cara memasarkan produk yang unik dan menarik adalah hal terpenting. Dengan tingginya tingkat persaingan dewasa ini tentunya membuat para pebisnis memiliki kadar kesulitan tersendiri.

Cara memasarkan produk merupakan bagian dari tips dan trik untuk bisa membuat Anda sukses memasarkan produk atau jasa yang dimiliki. Semakin unik dan menarik cara memasarkan barang atau jasa, semakin tinggi juga kemungkinan produk Anda laku atau laris di pasaran.

Tips dan Trik Memasarkan Produk

Setiap pebisnis baru pastinya memerlukan banyak tahapan persiapan untuk menjalankan bisnisnya. Sebelum mengeksekusi bisnis baru, membaca beberapa referensi dan memahami berbagai hal mesti Anda lakukan.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai 7 cara memasarkan produk yang unik dan menarik yang sepatutnya diketahui oleh semua pebisnis, khususnya para pemula. Nah, berikut ini merupakan pembahasan lengkapnya:

1. Menyiapkan Diskon pada Waktu Tertentu

Diskon ialah salah satu cara memasarkan produk yang memiliki daya tarik, terutama bagi para remaja yang seringkali mengamati barang-barang diskon di marketplace. Dengan adanya diskon, mereka tentu akan lebih mudah tergiur untuk membeli suatu barang atau jasa.

Walaupun barang atau jasa tersebut sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan saat itu juga, tetapi mereka tetap terdorong untuk membelinya karena memanfaatkan momentum harga murah. Maka dari itu, strategi diskon atau potongan harga memang tidak dapat dipungkiri lagi keampuhannya.


Namun, konsekuensi yang diperoleh dari pemberian potongan harga yaitu menipisnya keuntungan. Meskpipun begitu, Anda dapat mengatasinya dengan tingginya penjualan yang terjadi selama pemberian harga diskon berlangsung.

Sebab, semakin banyak produk yang terjual di harga diskon akan membuat pendapatan Anda pun ikut meningkat. Jadi, Anda bisa menggunakan strategi tersebut di waktu-waktu tertentu secara terus-menerus agar pelanggan lebih mudah mengingatnya untuk kembali berbelanja secara besar-besaran.

2. Memberikan Harga Pembanding Produk Tertentu

Selanjutnya adalah memberikan harga pembanding untuk produk tertentu. Anda bisa membedakan ukuran ataupun jumlah produk dengan varian harga yang berbeda. Tujuannya yakni supaya konsumen memilih produk atau barang yang berukuran lebih besar atau jumlah produk yang lebih banyak.

Hal tersebut terjadi ketika harga barang yang lebih kecil atau lebih sedikit memiliki selisih harga yang tidak jauh dibandingkan dengan barang yang ukuran besar atau jumlah yang banyak. Dengan begitu, konsumen merasa lebih ekonomis jika membeli barang yang lebih besar atau jumlah lebih dari satu.

3. Memberikan Jumlah atau Penawaran Terbatas

Kemudian, Anda bisa memberikan tanda bahwa produk tertentu memiliki penawaran yang terbatas. Cara ini digunakan untuk membuat pelanggan terdesak dan ingin segera membelinya karena khawatir apabila produk tersebut akan kehabisan dalam waktu dekat dan sulit menemukannya di kemudian hari.

4. Memberikan Harga dengan Nominal Tidak Bulat

Tips dan trik selanjutnya yaitu memasang harga yang tidak bulat, misalnya Rp33.000. Alih-alih menawarkan harga Rp50.000, sebaiknya Anda mencantumkan harga Rp49.500. Selisih harga yang cukup sedikit semacam ini dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk Anda, lho!


5. Membuat Kreasi Unik Kartu Ucapan

Kartu ucapan merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan terimakasih Anda kepada konsumen atas pembelian produk tertentu. Dengan membuat kreasi yang unik berarti Anda telah memberikan kartu ucapan yang menarik sekaligus kenang-kenangan tersendiri bagi konsumen.

6. Memberikan Produk Gratis dengan Minimum Pembelian

Selain memberikan diskon, Anda juga bisa memberikan produk gratis guna menarik pelanggan untuk membeli. Walaupun harga beli minimum barang tersebut relatif lebih mahal, tetapi kebanyakan pelanggan menghiraukannya.

7. Melakukan Promosi di Media Sosial

Promosi yang dilakukan di media sosial merupakan cara memasarkan produk yang paling tepat untuk saat ini. Pasalnya, Anda mampu menjangkau pelanggan secara luas, sehingga jumlah penjualannya pun akan lebih cepat dan banyak.

Beberapa media sosial yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk di antaranya adalah WhatsApp, Instagram, dan YouTube. Namun, itu semua tergantung pada target pasar yang Anda bidik. Kemudian, Anda tinggal menyesuaikan saja media sosialnya.

Di samping itu, Anda juga disarankan untuk melibatkan influencer atau publik figur demi membantu proses promosi agar bisa berjalan dengan lancar. Dengan begitu, para pengguna media sosial tersebut dapat mengenal produk Anda dengan baik.

Proses promosi yang sukses biasanya ditandai dengan peningkatan penjualan produk yang Anda pasarkan. Selain itu, orang-orang yang mengikuti akun bisnis Anda akan semakin bertambah banyak pula.


Demikianlah ulasan mengenai 7 cara memasarkan produk yang unik dan menarik. Nah, Anda bisa menerapkan semua cara tersebut untuk menarik minat pembeli dan mendapatkan omset penjualan yang tinggi.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Your time is limited, so don't waste it living someone else's life - Steve Jobs