Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11

Cara Upgrade Windows 10 ke Windows 11

Beberapa waktu lalu, secara resmi Microsoft telah merilis versi terbaru dari Windows, yakni Windows 11. Oleh karenanya, banyak orang penasaran tentang cara upgrade Windows 10 ke Windows 11. Versi OS terbaru ini dikabarkan memiliki sejumlah fitur yang tidak ada pada versi OS sebelumnya.

Maka dari itu, banyak yang penasaran dan tertarik untuk merasakan kecanggihan Windows 11. Windows merupakan OS milik Microsoft yang sejauh ini menjadi salah satu OS ternama. Jumlah penggunanya pun tidak main-main, mereka tersebar di berbagai belahan dunia.

Sebagai wujud komitmen Microsoft dalam memberikan pelayanan yang maksimal, hadirlah versi terbaru dari Windows. OS terbaru ini bisa Anda unduh secara cuma-cuma. Namun, tidak semua device kompatibel dengan versi OS terbaru ini.

Untuk itu, Anda harus mengecek secara berkala apakah device-nya bisa mencicipi fitur keren dari Windows 11. Lantas, bagaimana caranya? Anda tidak perlu risau karena pada kesempatan kali ini akan disajikan informasi lengkap mengenai cara upgrade Windows 10 ke Windows 11.

Sebelum upgrade ke Windows 11, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu apakah device-nya kompatibel dengan versi OS terbaru ini atau tidak. Ada beberapa cara untuk mengeceknya, salah satunya dengan aplikasi Microsoft’s PC Health Check.

Aplikasi tersebut bisa Anda unduh melalui aplikasi browser secara gratis. Saat menjalankan aplikasi Microsft’s PC Health Check, Anda akan menemukan tulisan “Introducing Windows 11” pada halaman awal.

Kemudian, Anda bisa langsung mengklik tombol "check". Untuk device yang tidak kompatibel dengan Windows 11 akan muncul pesan sebagai berikut: "This PC doesn’t currently meet Windows 11 system requirements".

Bagi Anda yang device-nya belum support jangan berkecil hati, ya! Sementara bagi Anda yang perangkatnya kompatibel dengan pembaruan ini bisa simak pembahasan selanjutnya mengenai cara upgrade Windows 10 ke Windows 11 di bawah ini:

Unduh Windows 11 dari Menu Settings

Langkah pertama, tentu saja Anda harus mengunduh Windows 11 terlebih dahulu. Bagaimana cara mengunduhnya? Silahkan buka menu "settings" atau pengaturan pada device Anda masing-masing. 
Selanjutnya, klik menu pembaruan atau "Update Windows".

Pilih menu periksa pembaruan atau "Check Update". Apabila muncul opsi pembaruan ke fitur Windows 11, maka Anda bisa mengunduhnya. Proses mengunduh akan memakan waktu sedikit lama. Jadi, pastikan daya baterai Anda cukup dan akses internetnya memadai, ya!

Alternatif Kedua: Install Manual dengan File ISO

Pihak Microsoft memang sudah memberi kabar bahwa tidak semua device kebagian jatah upgrade Windows 11. Ada spesifikasi tertentu yang mendukung OS terbaru ini. Beberapa spesifikasi tersebut adalah Intel minimal generasi 8.

CPU minimal 64 bit dan kecepatan minimal 1GHz. Kapasitas penyimpanan minimal 64 GB, dan kapasitas RAM minimal 4 GB. Bagi device yang tidak mendapatkan pemberitahuan upgrade secara resmi masih bisa merasakan fitur Windows 11 dengan cara yang memaksa.

Mengapa dikatakan memaksa? Sebab, cara ini sedikit menyimpang dan beresiko. Upgrade Windows 11 secara resmi hanya bisa Anda dapatkan melalui menu "settings". Jika tidak, maka artinya Anda memaksakan device yang tidak kompatibel untuk menerima Windows 11.

Salah satu resiko bila memaksakan hal tersebut adalah device Anda tidak akan berjalan dengan optimal atau lemot. Fatalnya lagi, device Anda tidak akan mendapatkan akses pembaruan ke Windows 11 dan patch keamanan resmi dari Windows.

Jika masih tetap ingin mencoba dan mengabaikan segala resiko yang telah disampaikan tersebut, maka Anda bisa menginstal Windows 11 secara manual dengan menggunakan file ISO. Bagaimana caranya? Simak panduan berikut ini:

1. Unduh File ISO Windows 11

Pertama, silahkan unduh file ISO Windows 11 terlebih dahulu. Sebelumnya, Anda perlu membuat flashdisk bootable. Ini dibutuhkan untuk memasukkan file ISO Windows yang sudah terunduh. Untuk membuat flashdisk bootable, Anda harus menggunakan aplikasi rufus.

2. Install Windows dengan Flashdisk Bootable

Setelah selesai membuat flashdisk bootable, barulah Anda bisa memulai cara upgrade Windows 10 ke Windows 11 secara manual. Pertama, sambungkan flashdisk terlebih dahulu ke device yang akan Anda upgrade.

Apabila flashdisknya sudah tersambung, maka matikan atau restart device. Pada saat layar mulai menghitam, silahkan tekan tombol "F2" atau delete untuk masuk ke menu BIOS. Tombol ini mungkin saja berbeda tergantung jenis device yang Anda punya.

Pada tampilan BIOS, ada beberapa pilihan menu yang tersedia. Silahkan pilih "Advance Mode". Anda bisa memakai tombol navigasi pada keyboard untuk mengarahkan kursor. Selanjutnya, tekan "enter" pada bagian Boot Options 1 dan pilih flashdisk.

Tekan "enter" lagi pada bagian Boot Options 2 dan pilih hardisk yang ingin diinstal. Tekan "F10" untuk mengkonfirmasi perintah yang sudah diberikan. Selanjutnya akan muncul konfigurasi dasar Windows, mulai dari pengaturan waktu hingga bahasa.

Sesuaikan saja dengan kebutuhan. Jika sudah, Anda bisa klik tombol "install now" dan proses install akan berjalan. Apabila muncul kolom dialog yang meminta "input product key", maka abaikan dengan pilih tombol "don’t have a product key".

Pilih jenis Windows 11 yang akan diinstall. Berikan centang pada kolom "I accept license terms". Lalu, klik tombol "Custom Install Windows Only. Berikutnya, pilih "flashdisk", klik "format", dan tekan "ok". Proses penginstallan akan memakan waktu sedikit lama.

Demikianlah pembahasan tentang cara upgrade Windows 10 ke Windows 11. Namun, hal yang perlu digarisbawahi di sini adalah Windows 11 tidak kompatibel dengan semua device. Bila Anda tetap memaksakannya, maka akan ada resikonya.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Your time is limited, so don't waste it living someone else's life - Steve Jobs