Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Paypal Adalah? Begini Cara Menggunakannya untuk Belanja Online

Paypal Adalah? Begini Cara Menggunakannya untuk Belanja Online

Pernahkah Anda diminta untuk melakukan pembayaran melalui PayPal, tapi bingung bagaimana caranya? Tenang saja, Anda tidak sendirian karena banyak orang yang berada di situasi serupa. Padahal, jika sudah tahu caranya, maka Anda bisa menikmati ragam layanan keuangan yang sangat dinamis.

Apa Itu PayPal?

PayPal pada dasarnya sama dengan sistem pembayaran online lainnya. Perangkat ini bisa digunakan untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan ragam transaksi keuangan, termasuk belanja online. PayPal juga efektif dalam menggantikan sistem pembayaran secara elektronik.

Dengan begitu, Anda tidak perlu menggunakan sistem konvensional untuk transfer uang atau mengirim cek. Dengan kata lain, ini merupakan rekening dalam bentuk online. PayPal pun memungkinkan Anda menerima dana dari orang lain dan menjadikannya kartu kredit.

Selain itu, akses untuk menjangkau akun PayPal relatif mudah pula, sehingga Anda bisa melakukan transaksi keuangan secara praktis di mana saja dan kapan saja. Istimewanya, PayPal sudah mendapatkan pengakuan di dunia internasional.

Tentu saja ini akan membuat proses pembayaran menjadi lebih dinamis, bahkan bisa menggunakan mata uang asing. Anda tidak akan mendapatkan keistimewaan ini ketika menggunakan dompet digital seperti DANA, OVO, dan GoPay.

Setidaknya, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan ketika menggunakan PayPal, di antaranya bisa berbelanja secara online, baik itu dari situs dalam negeri ataupun luar negeri sekalipun. Selanjutnya, Anda bisa membayar sejumlah layanan berlangganan online dengan mudah.

Pembayaran semacam ini biasanya harus dilakukan secara rutin dan PayPal bisa mendukung kelancaran berlangganan tersebut. Anda juga bisa dengan mudah mengirim atau menerima uang kepada siapa saja meski berbeda negara.

Cara Membuat Akun Paypal

Selanjutnya adalah bagaimana cara membuat akun PayPal. Penting untuk diingat bahwa pembuatan akun tidak dipungut biaya sepeser pun. Cara membuat akun PayPal pun agak berbeda dengan dompet digital lainnya, sehingga Anda perlu mengikuti panduan membuat akun di PayPal berikut ini:

1. Buat Akun di Situs Resmi PayPal

Anda harus terlebih dahulu mengkases situs resmi PayPal agar bisa terdaftar sebagai pengguna. Anda sebaiknya menggunakan browser untuk akses yang lebih dinamis. Klik “Sign Up” untuk memulai pembuatan akun.

2. Pilih Jenis Akun yang Paling Sesuai dengan Kebutuhan

Anda akan dihadapkan pada tiga jenis akun, di antaranya personal, premier dan bisnis. Masing-masing pilihan memiliki fitur yang berbeda, tetapi pada dasarnya Anda akan mendapatkan kemudahan dalam mengakses keuangan yang dinamis. 

3. Mengisi Kolom Pendaftaran Akun

Setelah memilih jenis akun berdasarkan kebutuhan, Anda harus mengisi sejumlah informasi yang dibutuhkan dalam kolom-kolom kosong. Anda wajib mengisi semua kolom tanpa terkecuali agar bisa lanjut ke tahap berikutnya.

4. Klik “Agree” Lalu “Create Account”

Silahkan melanjutkan pembuatan akun dengan menyetujui semua syarat dan ketentuan PayPal. Anda juga akan diminta untuk mengisi kode captcha, lalu klik “Continue”. Anda nantinya akan diminta untuk memverifikasi akun di email.

5. Buat Kata Sandi

Setelah konfirmasi melalui email sukses, Anda akan diminta untuk membuat password dan mengisi pertanyaan keamanan. Ini sangat penting agar Anda bisa tetap mengakses akun PayPal meskipun lupa kata sandinya.

6. Verifikasi Akun

Akun PayPal yang aktif harus kembali diverifikasi dengan cara menambahkan kartu kredit. Klik “Get Verified” untuk memulai prosesnya. Nantinya, Anda akan diminta untuk memasukkan nama yang sesuai dengan KTP dan kartu kredit.

Masukkan data-data yang diminta meliputi nomor kartu kredit, tanggal kadaluwarsa, serta tiga digit angka di balik kartu kredit Anda. Ketika sudah melewati tahapan di atas, Anda secara otomatis telah memiliki akun PayPal.

Cara Menggunakan PayPal untuk Belanja Online

PayPal tidak menjanjikan fasilitas pembayaran di semua tempat belanja online. Namun, hingga kini ia dapat diandalkan sebagai sistem pembayaran di sejumlah situs belanja populer dunia. Sebagai contoh, Anda bisa membayar dengan PayPal ketika berbelanja di Ebay dan Amazon.

Para pekerja freelance juga kerap mengandalkan PayPal sebagai sistem penggajian ketika mereka bekerja di perusahaan luar negeri. Berikut ini adalah cara menggunakan PayPal untuk belanja online maupun kebutuhan lainnya:
  1. Pastikan marketplace yang Anda pilih menyediakan opsi pembayaran menggunakan PayPal. Beberapa situs populer memungkinkan Anda menggunakan PayPal dengan mudah, di antaranya Alibaba, Ebay, dan Amazon.
  2. Pilih barang yang ingin dibeli. Pastikan Anda sudah memeriksa deskripsi produk dan harganya. Setelah menemukan barang yang sesuai, masukkan ke keranjang belanja, lalu checkout.
  3. Sistem akan menampilkan jumlah yang harus Anda bayar, termasuk ongkos kirim. Lanjutkan dengan memilih metode pembayaran. Nantinya akan tampil beberapa opsi pembayaran, di antaranya menggunakan kartu debit, kredit, m-banking, dan PayPal.
  4. Setelah memilih metode pembayaran menggunakan PayPal, Anda akan diarahkan secara otomatis ke situs PayPal.com. Pastikan Anda memasuki situs dengan alamat yang benar. Jika tidak, segera batalkan transaksi karena besar kemungkinan itu penipuan.
  5. Ketika Anda sudah masuk ke situs yang benar, masukkan email dan password untuk mendaftar. Jika sudah memasukkan data yang benar, maka Anda akan diantarkan ke halaman yang memuat detail belanjaan dan total biaya yang harus dibayar.
  6. Klik “Pay Now” untuk melanjutkan transaksi. Saldo Anda secara otomatis akan berkurang sesuai dengan jumlah yang baru saja Anda bayarkan.

Demikianlah informasi tentang apa itu PayPal dan bagaimana cara menggunakannya untuk belanja online. Namun, alasan mengapa sebagian orang tidak ingin memiliki akun PayPal adalah karena nasabah harus mempunyai kartu kredit terlebih dahulu.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Your time is limited, so don't waste it living someone else's life - Steve Jobs
 Billionaire Coach