Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Webinar: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Webinar: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Jalinan komunikasi dan kegiatan tukar menukar informasi di era modern semakin cepat dan praktis. Anda tidak perlu selalu bertatap muka langsung karena pertemuan bisa dilakukan secara virtual melalui video call dan aplikasi semacamnya.

Saat ini tengah populer dengan istilah webinar sebagai salah satu bentuk komunikasi massa. Kecanggihan teknologi membuka peluang untuk komunikasi tanpa tatap muka, sehingga banyak orang teredukasi dengan penggunaan media digital untuk saling bertukar informasi.

Entah itu formal maupun informal, Anda bisa menyelenggarakan webinar untuk kebutuhan yang beragam. Istimewanya, pertemuan-pertemuan virtual itu tidak membutuhkan ruang yang spesifik, meski Anda dipertemukan dalam satu waktu.

Ini tentu saja akan memudahkan pihak penyelenggara dalam melangsungkan seminar yang hemat biaya untuk sewa gedung atau konsumsi para narasumber dan peserta. Selengkapnya, Anda bisa simak uraian lebih lanjut mengenai pengertian, manfaat, dan jenis-jenis webinar berikut ini:

Apa Itu Webinar?

Webinar merupakan kepanjangan dari web seminar, yakni seminar yang diselenggarakan secara virtual melalui situs web. Secara teknis, semua orang dikumpulkan dalam satu waktu tertentu, mulai dari peserta, moderator, hingga narasumbernya.

Seminar akan terselenggara dengan cara siaran langsung, di mana semua orang tergabung pada waktu yang sama secara virtual meskipun mereka berada di tempat-tempat yang terpisah. Dalam webinar, setiap user saling terhubung sehingga bisa berinteraksi satu sama lain sesuai instruksi yang ditetapkan.

Mereka bisa menyampaikan pesan apa pun lewat gambar dan suara serta melakukan sejumlah reaksi spontan sebagaimana pertemuan langsung pada umumnya. Meski tidak membutuhkan ruang khusus, webinar mengharuskan semua hadirin untuk menggunakan media khusus, seperti laptop dan PC.

Manfaat Webinar

Ada beberapa manfaat ketika Anda menyelenggarakan webinar. Selain untuk kemudahan penyelenggaraan seminar tanpa harus menyiapkan konsumsi dan gedung, terdapat pula sejumlah manfaat lainnya yang mungkin saja belum pernah Anda duga sebelumnya, yaitu sebagai berikut:

1. Menyampaikan Tema Tertentu Secara Spesifik dan Fokus

Webinar menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk menentukan lead topik tertentu yang ingin disampaikan secara spesifik. Anda bahkan berkesempatan untuk mengumpulkan orang-orang dengan minat dan ketertarikan yang sama terhadap suatu bahasan tertentu tanpa harus peduli di mana lokasinya.

Untuk mendapatkan jumlah peserta maksimal, promosi webinar harus gencar. Dalam beberapa kasus, banyak orang yang berminat untuk mengikuti webinar tema tertentu, tapi justru tidak berpartisipasi karena memang tidak mengerti tentang penyelenggaraan acara tersebut.

2. Media Promosi Barang dan Jasa yang Efektif

Meski bertajuk seminar berbasis web, tetapi webinar bisa diandalkan sebagai sarana promosi barang atau jasa yang efektif. Ini bisa dilakukan secara terselubung atau disisipkan sebagai iklan. Namun, Anda dan narasumber tetap harus fokus menyampaikan materi secara maksimal.

3. Menampung Feedback Secara Efektif

Hampir semua aplikasi webinar mempersilakan para peserta untuk memberikan feedback atau respons. Kegiatan ini bahkan bisa berlangsung secara dua arah, sehingga komunikasi berjalan secara interaktif. Selain itu, peserta dan narasumber juga dapat bertukar materi seminar dan kontak yang bisa dihubungi.

Jenis-jenis Webinar

Berdasarkan materi penyelenggaraannya, webinar bisa dibedakan ke dalam beberapa jenis. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah membedakannya dengan web broadcast dan web conference. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis webinar yang perlu Anda ketahui:

1. Sales Webinar

Ketika sedang mempromosikan produk tertentu, Anda harus menyampaikan spesifikasi produknya hingga mendemonstrasikannya kepada para konsumen. Webinar semacam ini bisa diandalkan untuk menyampaikan hal tersebut dengan tema yang disesuaikan dengan minat para calon pelanggan.

2. Webinar Berbayar

Webinar ini mengharuskan para peserta untuk mengeluarkan biaya agar bisa mengaksesnya dan mendapatkan modul serta serangkaian materi penting lainnya. Biasanya, webinar berbayar menghadirkan narasumber yang populer dari kalanga praktisi, akademisi, selebritas, dan yang lainnya.

3. Webinar Berseri

Selanjutnya adalah webinar berseri, di mana penyelenggara dan narasumber akan memberikan materi pengantar untuk menuju webinar berikutnya dengan materi yang lebih kompleks. Jadi, Anda tidak hanya mengikuti satu pertemuan webinar saja, tetapi juga dua hingga pertemuan selanjutnya.

Topik yang dibahas dari webinar jenis ini umumnya lebih komprehensif dan Anda bisa mendapatkan sertifikat ketika dinyatakan lulus sebagai peserta berdasarkan penguasaan materinya. Oleh karena itu, Anda perlu melengkapi segala perangkat pendukung supaya bisa berpartisipasi dengan tanpa kendala.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian, manfaat, dan jenis-jenis webinar. Mengetahui apa itu webinar di zaman modern ini sangatlah penting, khususnya bagi para pebisnis. Sebab, dunia bisnis itu keras, sehingga Anda harus mencari strategi bisnis yang tepat agar selalu stand out dari kompetitor.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Your time is limited, so don't waste it living someone else's life - Steve Jobs